Find Us On Social Media :

Tokopedia dan ShopTokopedia Perkuat UMKM Lokal Topang Ekonomi Digital

By Grid., Senin, 26 Agustus 2024 | 09:32 WIB

[ki-ka] CMO of Jacquelle, Lianna Lie, bersama CMO of Kintakun, Vincent Saputra, President Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto, CEO Kals Corpora, Brand Principal ZM Zaskia Mecca, Haykal Kamil, serta Owner of THENBLANK, Mutiara Kamila Athiyya, dalam konferensi pers Rayakan HUT ke-15 Tokopedia dengan Festival Beli Lokal, hari ini (24/8).

Grid.ID - Merayakan HUT ke-15, Tokopedia bersama ShopTokopedia menargetkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan memperkuat UMKM lokal. Salah satunya dengan memberikan panggung yang lebih luas kepada produk dan brand lokal lewat Festival Beli Lokal pada tanggal 24-25 Agustus 2024 di Plaza Timur Senayan, Jakarta. Festival ini menghadirkan ratusan merek lokal dari beragam industri dan wilayah di Indonesia, pengalaman belanja online-to-offline, serta sejumlah musisi ternama tanah air.

"UMKM dalam negeri adalah tulang punggung ekonomi. Pertumbuhan ekonomi baru dapat diakselerasi jika kita bisa merespon peluang baru melalui pemanfaatan teknologi dengan cara baru, serta berbagai inovasi. Maka selain mengadakan Festival Beli Lokal, Tokopedia dan ShopTokopedia akan terus berupaya membantu lebih banyak pelaku usaha khususnya UMKM lokal memaksimalkan pemanfaatan konten video termasuk live streaming untuk membangun brand, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan," kata President Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto.

Penjual yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat. "Hal ini melatarbelakangi kami mengadakan sederet pelatihan untuk membuat penjual makin fasih membuat konten video promosi. Kami pun mencetak lebih banyak kreator konten sekaligus afiliator muda yang bisa membantu promosi produk dari UMKM lokal, misalnya melalui program seperti Creators Lab," jelas Melissa. Tokopedia dan ShopTokopedia juga telah berkolaborasi bersama sederet menteri dan pemerintah terkait lainnya untuk mempromosikan produk lokal melalui live shopping.

Tokopedia dan ShopTokopedia di sisi lain melakukan beragam program pemberdayaan seperti membantu petani kopi meningkatkan kualitas dan nilai jual biji kopi. Pada Juli 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia mengedukasi 1.000 petani kopi di Lahat, Sumatra Selatan. Selain itu, pemberdayaan perajin batik melalui dukungan dari hulu ke hilir, mulai dari pemberian mesin cetak dan pengering, desain baru, promosi digital menyeluruh, hingga akses ke pinjaman modal. Sejak Januari 2024, kampanye ini sukses memberdayakan lebih dari 550 perajin batik di Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan; 50%nya bergabung dengan ShopTokopedia. Ada ribuan penjual batik baru yang bergabung di Tokopedia selama dua minggu pertama peluncuran kampanye.

Jumlah transaksi melonjak, intip rencana Tokopedia dan ShopTokopedia

Berkat berbagai inisiatif Tokopedia dan ShopTokopedia (penjelasan lebih lengkap bisa didapatkan melalui lampiran), terdapat kenaikan transaksi dan penjual di masing-masing platform.

"Kini sudah ada jutaan penjual di Tokopedia maupun ShopTokopedia yang mayoritas UMKM. Tokopedia dan ShopTokopedia menargetkan untuk mendigitalisasi sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia. Ini ditujukan agar lebih banyak lagi pelaku usaha, yang bisa merasakan kemudahan dan manfaat berbisnis online, serta memajukan dan mengembangkan bisnis di era digital, seperti Jacquelle, Kintakun, THENBLANK, ZM Zaskia Mecca, Batik Pandansari, Kopi Serambi, dan merek lokal lainnya," tutup Melissa.

Kelas Maju Digital dan Kelas Perempuan Maju Digital - Tokopedia dan ShopTokopedia bekerja sama dengan pemerintah untuk melatih pelaku UMKM--termasuk perempuan--dalam berbisnis online, salah satunya literasi keuangan dalam mengelola usaha. Sejumlah kelas pelatihan sudah diadakan sejak tahun 2022, dan berhasil mengedukasi lebih dari 20.000 UMKM lokal di 73 wilayah.

Pusat Edukasi Seller dan Shop Academy - Halaman edukasi berbisnis online yang bisa diakses siapa pun, kapan pun, dan di mana pun. Di halaman ini, sudah ada ratusan modul edukasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelaku usaha dari berbagai skala.

Seller Conference - Tokopedia dan ShopTokopedia mengundang sejumlah pakar, influencer, dan penjual inspiratif, untuk memberikan wawasan pasar dan strategi bisnis di era digital kepada penjual. Sejak tahun 2022, upaya itu telah mengedukasi lebih dari 4.000 penjual melalui lebih dari 20 konferensi.

Baca Juga: Simak Daftar UMKM Kuliner Pemenang Ajang ‘Terbukti NYAM! 2024’ di Tokopedia dan ShopTokopedia

Sertifikasi Legalitas UMKM - Bekerja sama dengan pemerintah, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan sosialisasi dan fasilitasi legalitas bagi UMKM, mulai dari NIB, Halal, PIRT, hingga KI. Sepanjang tahun 2022-2023, upaya ini sudah membantu lebih dari 8.000 UMKM lokal di lebih dari 20 wilayah.

MikroEx Challenge - Bersama KemenkopUKM RI, Tokopedia dan ShopTokopedia melatih pendamping usaha mikro terkait berbisnis di era digital agar bisa mendampingi pelaku usaha mikro berjualan online secara maksimal. Sejak Juni 2024, lewat kolaborasi tersebut, Tokopedia dan ShopTokopedia berhasil mengedukasi 400 mentor di 5 provinsi dan mendampingi 20.000 usaha mikro.

Host Academy dan Creators Lab - Tokopedia dan ShopTokopedia mengadakan pelatihan bagi generasi muda untuk menjadi kreator konten yang kreatif, dan bisa membantu penjual--khususnya UMKM lokal--dalam mempromosikan produk. Sepanjang tahun 2023-2024, para kreator konten binaan telah membantu lebih dari 2.000 UMKM.

Digitalisasi Pasar - Bersama Kemendag RI, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan digitalisasi toko pedagang di pasar tradisional terutama saat pandemi. Melalui inisiatif itu, Tokopedia dan ShopTokopedia telah memberdayakan lebih dari 6.000 pedagang di 12 pasar tradisional.

Solusi hulu ke hilir Tokopedia dan ShopTokopedia bantu pemasaran UMKM

"Selain melakukan beragam upaya edukasi, Tokopedia dan ShopTokopedia juga bekerja sama dengan berbagai mitra strategis untuk mendorong kemajuan UMKM, dan membuat produk dari UMKM lokal makin menjadi pilihan masyarakat Indonesia," jelas Melissa.

Live Shopping - Tokopedia dan ShopTokopedia kerap berkolaborasi bersama sederet menteri dan pemerintah terkait lainnya untuk mempromosikan produk UMKM melalui live shopping. Kerja sama ini sukses mempromosikan sejumlah brand lokal.

Ramadan Ekstra - Sebuah kampanye spesial selama Ramadan dan Lebaran, persembahan Tokopedia dan ShopTokopedia, untuk meningkatkan penjualan para pelaku usaha. Ramadan Ekstra 2024 berhasil membuat pesanan penjual meningkat lebih dari 79%.

Promo Guncang - Promo setiap tanggal kembar di Tokopedia dan ShopTokopedia untuk meningkatkan transaksi penjual. Promo Guncang 5.5 dan 6.6, pada tahun 2024, masing-masing berhasil meningkatkan penjualan lebih dari 66% dan lebih dari 72%.

Jakarta Muslim Fashion Week - Program kerja sama kami dengan Kemendag RI untuk mempromosikan fesyen muslim. Pada tahun 2023, kolaborasi ini berhasil membantu peningkatan transaksi sejumlah brand lokal fesyen muslim dengan total lebih dari Rp750 juta (Sumber: Tokopedia, 16-21 Oktober 2023).

Pemberdayaan Petani Kopi - Tokopedia dan ShopTokopedia bekerja sama dengan organisasi maupun instansi terkait, untuk membantu petani kopi meningkatkan kualitas dan nilai jual biji kopi. Pada Juli 2024, kami telah mengedukasi 1.000 petani kopi di Lahat, Sumatra Selatan.

Baca Juga: Hari UMKM, Tokopedia dan ShopTokopedia Bantu Tingkatkan Penjualan Batik Lewat #MelokalDenganBatik

Melokal Dengan Batik - Bekerja sama dengan lembaga dan instansi terkait, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan pemberdayaan perajin batik melalui dukungan dari hulu ke hilir. Mulai dari pemberian mesin cetak dan pengering, desain baru, promosi digital menyeluruh, hingga akses ke pinjaman modal. Sejak Januari 2024, kampanye ini sukses memberdayakan lebih dari 550 perajin batik di Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan. 50%nya bergabung dengan ShopTokopedia. Di sisi lain, ada ribuan penjual batik baru yang bergabung di Tokopedia selama dua minggu pertama peluncuran kampanye.

Beli Lokal Tokopedia dan ShopTokopedia buat transaksi naik 9 kali lipat

Beli Lokal merupakan kampanye Tokopedia dan ShopTokopedia yang diluncurkan pada momen 12.12 tahun 2023 bersama pemerintah, untuk meningkatkan eksistensi produk dan brand lokal. Kolaborasi tersebut berhasil mendongkrak transaksi sejumlah kategori produk lokal hingga 19 kali lipat. (Sumber: Tokopedia, transaksi harian bulan Desember 2023 dibandingkan November 2023)

Sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di Tokopedia, yaitu: Jepara (Jawa Tengah), Cirebon (Jawa Barat), dan Ciamis (Jawa Barat), dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat. Di Tokopedia, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal, antara lain: popok, hampers, dan aksesoris kamera dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 9 kali lipat. (Sumber: Tokopedia, Semester I 2024 dibandingkan Semester II 2023)

Sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di ShopTokopedia, yaitu: Sumatra Selatan, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Selatan. Di ShopTokopedia, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal, antara lain: parfum, deodoran, dan hijab, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 3,5 kali lipat. (Sumber: ShopTokopedia, Mei 2024 dibandingkan Januari 2024).

Kisah Para Pelaku Usaha

Jacquelle

Jacquelle (akun: Tokopedia dan ShopTokopedia) adalah brand lokal kecantikan yang didirikan oleh Budi Thomas dan Lianna Lie tahun 2015 dan telah memberdayakan puluhan karyawan yang mayoritas perempuan. "Jacquelle sangat mengedepankan kolaborasi. Jacquelle telah berkolaborasi dengan karya animasi Jepang, SPYxFAMILY, dan kolaborasi ini menjadi yang pertama di dunia," ungkap CMO of Jacquelle, Lianna Lie.

Untuk makin memperluas pasar, mendorong penjualan, dan meningkatkan efektivitas operasional, Jacquelle bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2016, dan ShopTokopedia pada tahun 2022. Lianna menambahkan, "Tokopedia dan ShopTokopedia sangat berperan dalam perjalanan bisnis Jacquelle karena senantiasa menyediakan beragam fitur maupun kampanye yang sangat berguna. Misalnya, fitur Wawasan Produk di Tokopedia yang membuat Jacquelle lebih memahami kebutuhan konsumen dan membuat setiap inovasi relevan dengan kebutuhan tersebut. Atau fitur Live Streaming di TikTok yang berguna mendorong penjualan Jacquelle di ShopTokopedia."

Jacquelle juga mengikuti beragam kampanye, seperti Beli Lokal dan promo tanggal kembar. Jacquelle pun berkali-kali mendapatkan penghargaan di ajang Tokopedia Beauty Awards; pada tahun 2022, Slim Brow dan Blur Effect Two Way Cake menjadi Best Eye Brow Product dan Best Powder, sedangkan pada tahun 2023, BlushHer x Shani Amelia, menjadi Best Blush. "Berkat dukungan Tokopedia dan ShopTokopedia, omzet bulanan Jacquelle bisa mencapai ratusan juta rupiah," ungkap Lianna.

Pada tahun 2023, Tokopedia memfasilitasi kolaborasi Jacquelle dengan kreator konten Shani Amelia untuk mengeluarkan produk eksklusif, dan hal ini membuat penjualan Jacquelle secara keseluruhan naik 70% dibandingkan tahun 2022. Penjualan Jacquelle di ShopTokopedia saat ini naik 5 kali lipat dibandingkan tahun lalu. Jacquelle pun pernah diberikan kesempatan mengirimkan produk ke Korea Selatan untuk dipromosikan oleh anggota Super Junior yang bekerja sama dengan Tokopedia melalui program Mantul House. Hal ini membuat Jacquelle mendapatkan eksposur lebih. "Jacquelle berharap Tokopedia dan ShopTokopedia terus memberikan panggung seluas-luasnya kepada brand lokal kecantikan agar makin maju bahkan bersanding dengan brand internasional," tutup Lianna.

Kintakun

Kintakun adalah (akun: Tokopedia dan ShopTokopedia) brand lokal Bandung yang menawarkan berbagai perlengkapan tidur seperti sprei dan didirikan oleh Ayoe Sugiarto tahun 2005, serta telah memberdayakan ratusan karyawan dan pelaku usaha garmen. Kintakun sangat mengedepankan inovasi. Misalnya, pada Ramadan lalu di tahun ini, Kintakun meluncurkan koleksi spesialnya bersama BT21 secara eksklusif di Tokopedia.

Untuk memperluas dan mengembangkan bisnis, CMO Kintakun, Vincent Saputra, mengatakan bahwa Kintakun mulai menggunakan platform digital Tokopedia pada tahun 2015, dan ShopTokopedia pada tahun 2022. "Tokopedia menyediakan solusi pemasaran komprehensif untuk mengoptimalkan bisnis. Contohnya, pada saat kampanye Kintakun bersama BT21 , solusi pemasaran komprehensif tersebut mampu mendorong peningkatan pesanan 200% dan kenaikan pendapatan 94%. Kintakun juga konsisten melakukan live streaming di TikTok 12 jam per hari guna meningkatkan brand awareness.

Berkat ini, penjualan produk Kintakun dan BT21 di ShopTokopedia habis dalam waktu 4 jam saja," tambah Vincent.

Kintakun rajin mengikuti kampanye Tokopedia dan ShopTokopedia, contohnya Beli Lokal. Selain mendorong penjualan Kintakun, kampanye ini membuat masyarakat makin bangga akan produk lokal seperti Kintakun. Kintakun juga berpartisipasi dalam kampanye khusus produk rumah tangga di Tokopedia, yaitu Home Living Inspiration, dan merasakan kenaikan penjualan lebih dari 2 kali lipat. "Melalui Tokopedia dan ShopTokopedia, tahun ini omzet bulanan Kintakun meningkat 2 kali lipat dibandingkan tahun lalu," ungkap Vincent

Tokopedia tidak hanya membantu Kintakun di pemasaran online, namun juga di berbagai kesempatan offline atau hybrid seperti saat di PRJ. Hasilnya, Kintakun mendapatkan apresiasi dari Tokopedia berupa emas karena menembus ribuan order. "Kintakun berharap, Tokopedia dan ShopTokopedia bisa terus menjadi mitra terpercaya bagi brand lokal seperti Kintakun agar makin maju dan berkembang di era digital," tutup Vincent.

THENBLANK

THENBLANK (akun: Tokopedia dan ShopTokopedia) adalah brand lokal fesyen yang didirikan oleh Mutiara Kamila Athiyya pada tahun 2012, menghadirkan pakaian wanita dan pria bergaya minimalis dengan memberdayakan puluhan karyawan yang mayoritas perempuan, serta para penjahit di Jawa Barat dan Jawa Tengah. THENBLANK berupaya menghasilkan produk dari bahan lokal, serta berpegang teguh pada konsep sustainable fashion dengan mengurangi limbah produksi.

"Kami sadar akan pentingnya platform teknologi untuk mengembangkan bisnis di era digital, maka THENBLANK bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2018 dan ShopTokopedia pada 2022. Tokopedia menyediakan sederet fitur seperti Voucher Toko, Bebas Ongkir hingga solusi pemasaran komprehensif yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong penjualan. Di sisi lain, fitur Live Streaming di aplikasi TikTok, membuka kesempatan bagi THENBLANK untuk menggaet calon pembeli baru lewat desain produk yang unik (preppy look) sekaligus mendongkrak penjualan di ShopTokopedia hingga 3 kali lipat," ungkap Mutiara.

Tokopedia juga menjembatani kerja sama THENBLANK dengan Opa Oma Bagio untuk meluncurkan koleksi eksklusif first love pada hari Valentine 2023 dan berhasil meningkatkan omzet secara signifikan dibandingkan hari biasa. Mutiara menambahkan, "Kami juga rutin ikut berbagai kampanye di Tokopedia dan ShopTokopedia seperti Beli Lokal. Alhasil kampanye ini mendongkrak penjualan THEBLANK hingga 5 kali lipat. Selain itu, secara keseluruhan, melalui pemanfaatan Tokopedia dan ShopTokopedia, THENBLANK bisa menjual ribuan produk setiap bulannya."

Mutiara mengaku Tokopedia terus membantu berikan panggung kepada THENBLANK untuk meningkatkan penjualan. Tidak hanya dari kampanye online tetapi juga offline dan hybrid seperti Brightspot. THENBLANK sangat mengapresiasi Tokopedia yang terus mendukung pelaku usaha lokal. "THENBLANK berharap Tokopedia dan ShopTokopedia bisa terus merangkul brand lokal dengan menghadirkan inovasi, kegiatan maupun kampanye yang kreatif agar brand lokal bisa terus berkarya dan berkembang di era digital," tutup Mutiara.

ZM Zaskia Mecca

ZM Zaskia Mecca (akun: Tokopedia dan ShopTokopedia) merupakan brand lokal yang menyediakan berbagai produk fashion muslim wanita, pria, maupun anak, dan didirikan sejak tahun 2015 oleh Haykal Kamil. ZM Zaskia Mecca telah memberdayakan lebih dari 2.000 pekerja di Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, Pekalongan, dan Jepara, termasuk penjahit lokal. Merek lokal ini menilai bahwa penjahit lokal memiliki pemahaman yang sangat baik mengenai kekayaan Indonesia dan berkomitmen untuk berkontribusi terhadap perekonomian daerah.

ZM Zaskia Mecca bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2017 dan ShopTokopedia pada 2022 untuk meningkatkan brand awareness dan mendorong penjualan. CEO Kals Corpora, Brand Principal ZM Zaskia Mecca, Haykal Kamil mengatakan, "Dalam memajukan bisnis online, ZM Zaskia Mecca memanfaatkan fitur-fitur di Tokopedia, seperti Bebas Ongkir, Voucher Toko, hingga solusi pemasaran komprehensif salah satunya fitur beriklan TopAds yang sangat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelaku usaha. Di sisi lain, fitur Live Streaming di TikTok, berguna untuk membangun hubungan dengan audiens dengan lebih interaktif dan pada akhirnya mendongkrang penjualan di ShopTokopedia hingga 4 kali lipat."

Eksposur dan penjualan ZM Zascia Mecca makin meningkat berkat platform digital seperti Tokopedia dan ShopTokopedia. Selain bisa mendapatkan puluhan ribu pesanan per bulan, ZM Zaskia Mecca bisa meningkatkan penjualan 5 kali lipat saat momen spesial seperti Ramadan. "Pada kampanye Tokopedia Ramadan in Style 2023, ZM Zaskia Mecca meluncurkan koleksi ‘Romansa Khatulistiwa’ edisi Melati yang tersedia secara eksklusif di Tokopedia. Berkat ini, penjualan meningkat 5 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa. ZM Zaskia Mecca pun mengikuti kampanye Tokopedia dan ShopTokopedia seperti Beli Lokal yang membuat penjualan naik 2 kali lipat," jelas Haykal.

"Industri fashion muslim di Indonesia memiliki potensi yang luar biasa besar, maka ZM Zaskia Mecca berharap Tokopedia dan ShopTokopedia senantiasa membantu brand lokal yang bergerak di industri fashion muslim untuk menggarap besarnya potensi ini agar makin menjadi pilihan masyarakat," tutup Haykal.

Batik Pandansari

Tokopedia dan ShopTokopedia melalui kampanye #MelokalDenganBatik berupaya memajukan industri batik lokal di era digital demi membawa dampak positif terhadap perekonomian nasional. Menurut Pusat Data dan Informasi Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Pusdatin Kemenperin RI), sektor industri tekstil dan pakaian, termasuk batik, masing-masing menyumbang sebesar 1,40% dan 4,30% terhadap PDB kuartal III 2023 di Industri Pengolahan Non-Migas. Data dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) juga menyatakan industri batik merupakan sektor padat karya yang telah menyerap jutaan tenaga kerja.

"Melihat potensi industri batik lokal yang sangat besar, Tokopedia dan ShopTokopedia berupaya mengakselerasi pemanfaatan platform digital bagi sebanyak-banyaknya UMKM batik untuk menciptakan peluang dan berkontribusi terhadap ekonomi digital nasional. Salah satunya dengan menggencarkan kampanye #MelokalDenganBatik sejak Januari 2024 di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Solo dan Yogyakarta," jelas Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Antonia Adega.

Kopi Serambi

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022, provinsi Sumatra Selatan merupakan provinsi dengan areal perkebunan kopi yang terluas di Indonesia. Namun, pengembangan komoditas kopi di Kabupaten Lahat cenderung dihadapkan dengan beberapa tantangan, mulai dari produktivitas lahan kopi yang masih berkembang, keterbatasan akses oleh para petani kopi terhadap pengetahuan dan praktik budidaya kebun yang baik, tantangan iklim dan masih banyak lainnya.

Head of Communications E-commerce Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan, menyampaikan, “Melihat potensi komoditas kopi yang masih sangat besar di Sumatra Selatan, Tokopedia dan ShopTokopedia terus berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, termasuk Pemerintah Kabupaten Lahat dan organisasi Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI) untuk meningkatkan kualitas biji kopi. Melalui program ‘Pelatihan Pascapanen dan Peningkatan Mutu Biji Kopi’, harapannya akan semakin banyak pahlawan ekonomi yang muncul di industri kopi Indonesia, contohnya seperti Kopi Serambi.” (*)