Find Us On Social Media :

Spesifikasi dan Harga Honda Brio VS Agya 2024, Mana yang Paling Worth it?

By Yussy Maulia, Rabu, 28 Agustus 2024 | 17:26 WIB

Ilustrasi Honda Brio varian Satya.

Grid.ID – Saat ini, ada banyak mobil berjenis low cost green car (LCGC) yang bisa menjadi pilihan untuk mobilitas sehari-hari. Bahkan, mobil jenis ini banyak yang ditawarkan dengan harga di bawah Rp 200 jutaan. Dua di antaranya adalah Honda Brio dan Toyota Agya.

Meski desainnya berbeda, kedua mobil ini dikenal sama-sama memiliki ukuran yang compact, sehingga praktis dan cocok untuk kaum hawa.

Honda Brio dan Toyota Agya juga menawarkan keunggulan masing-masing. Honda Brio 2023, misalnya, mengunggulkan tampilan eksterior yang modern berkat velg dual-tone berukuran 14 inci. Mobil ini menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia pada 2023.

Walau jadi primadona LCGC, harga Brio 2023 relatif cukup terjangkau, yaitu mulai Rp 180 jutaan untuk transmisi manual.

Baca Juga: Antara Vario 160 dan Lexi LX 155, Mana yang Lebih Worth It untuk Dimiliki?

Sedangkan Toyota Agya Gen-2G mengunggulkan fitur-fitur modern, seperti keyless entry, tombol Start and Stop untuk menyalakan mesin, layar sentuh berukuran 7 inci, paddle shift untuk transmisi CVT, dan penggunaan lampu LED.

Lalu, dari kedua mobil LCGC tersebut, mana yang lebih layak untuk dibeli? Sebagai pertimbangan, berikut perbandingan keduanya.

  1. Eksterior

Sebagian besar kaum hawa menjadikan eksterior sebagai pertimbangan utama. Jika dilihat dari luar, Honda Brio dan Toyota Agya sama-sama memiliki tampilan yang mungil.

Honda Brio varian Satya E Facelift, misalnya, memiliki dimensi panjang 3.795 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.485 mm, dan wheelbase 2.405 mm. Bagian luarnya dipercantik dengan desain grill baru dan velg dual-tone pada ban 175/65 R14.

Ukuran Toyota Agya G tidak jauh berbeda dengan Brio Satya E facelift. Mobil ini memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm, dan wheelbase 2.405 mm. Varian ini dilengkapi velg 14 inci berwarna silver dan lampu depan berteknologi LED.

Bedanya, Honda Brio Satya E belum menggunakan lampu depan LED, melainkan lampu daytime running light (DRL).

Perbedaan lainnya, Toyota Agya G yang dirilis 2023 sudah menggunakan smart keyless entry, sehingga kamu bisa keluar-masuk dengan mudah tanpa perlu menggunakan kunci.