Find Us On Social Media :

Lindungi Artisnya, YG Entertainment Ambil Tindakan Hukum Terhadap Konten Deepfake

By Christine Tesalonika, Selasa, 3 September 2024 | 11:09 WIB

YG Entertainment

Grid.ID - YG Entertainment ambil tindakan hukum terhadap konten deepfake yang melibatkan artis dari agensi tersebut.

Konten deepfake memang akhir-akhir ini sangat meresahkan.

Pasalnya, banyak orang membuat konten deepfake dengan idol-idol Korea.

Ingin melindungi artisnya, YG Entertainment mengumumkan rencananya untuk mengambil tindakan hukum terhadap konten deepfake (buatan AI) yang tidak pantas dari artis mereka.

Dilansir dari Soompi pada Selasa (3/9/2024), YG Entertainment mengunggah pernyataan resmi dalam bahasa Inggris melalui situs web pribadinya.

"Halo, ini YG Entertainment.

Kami sangat prihatin dengan terus berlanjutnya pembuatan dan peredaran konten deepfake (video sintetis berbasis AI) yang tidak pantas yang melibatkan artis kami.

Kami terus memantau aktivitas ilegal yang luas dan berbahaya ini, dan secara aktif berupaya menghapus dan memblokir konten tersebut. Kami juga mengupayakan semua tindakan hukum yang memungkinkan, termasuk proses pidana, untuk mengatasi masalah ini.

Kami berkomitmen untuk menanggapi dengan tegas dan keras setiap tindakan ilegal yang secara signifikan merugikan martabat dan reputasi artis kami. Terima kasih," tulis YG Entertainment.

Baca Juga: Selamat! Lee Joo Myung dan Kim Ji Suk Resmi Berpacaran, Ini Kata Agensi

Sementara itu, deepfake adalah teknologi manipulasi media yang memungkinkan penciptaan video, audio, atau gambar yang sangat realistis tetapi sepenuhnya palsu.

Deepfake sendiri menghadirkan ancaman yang signifikan dalam berbagai cara, khususnya dalam hal pencemaran nama baik, pelanggaran privasi, dan kerusakan reputasi.

(*)