Grid.ID - Penerbit buku Elex Media Komputindo, salah satu penerbit mayor di bawah naungan Kompas Gramedia Group, kembali menerbitkan buku terbaiknya di bulan Agustus ini.
Buku tersebut berjudul Think Strategy yang ditulis oleh Nurhastuty K. Wardhani, CA, MSc, PhD, CPIA.
Buku Think Strategy menjelaskan topik mengenai strategi bisnis, mulai dari konsep hingga studi kasus dari beberapa perusahaan ternama dalam menerapkan strategi mereka.
Dalam rangka peluncuran buku Think Strategy, Elex Media Komputindo telah mengadakan acara bertajuk Peluncuran & Diskusi Buku Think Strategy bersama dengan penulisnya sendiri yaitu Nurhastuty.
Selain itu, acara ini juga turut mengundang Adjunct Prof. Rifki Ismal (Direktur Bank Indonesia & Profesor di INCEIF University, Malaysia), Faisal H. Basri (Ekonom & Pendiri INDEF), dan Arwani Pranadjaya (Komisaris Utama PT Surya Fajar Urun Dana).
Penulisan buku ini dilatarbelakangi oleh kondisi ekonomi makro yang belum optimal sejak pandemi.
Tak banyak perusahaan yang gulung tikar dan tumbang akibat tidak siap dan tidak memiliki strategi yang tepat dalam menghadapi situasi seperti pandemi dan perubahan global yang penuh dengan dinamika.
Selain itu, perekonomian Indonesia didominasi oleh pelaku UMKM yang berkontribusi mencapai 61% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia, setara Rp9.580 triliun.
UMKM juga menyerap sekitar 117 juta pekerja (97%) dari total tenaga kerja.
Tantangan UMKM ke depan yang harus diatasi bersama oleh segenap stakeholders terkait antara lain berkaitan dengan inovasi dan teknologi, literasi digital, produktivitas, legalitas, branding dan pemasaran, dan sumber daya manusia.
Buku Think Strategy berupaya menjawab mengenai permasalahan tersebut.
Baca Juga: Bedah Buku Lara Rasa dan Second Hope: Potret Kesehatan Mental Generasi Milenial dalam Karya Novel
Buku Think Strategy berisi penjelasan mengenai konsep strategi bisnis dan memberikan wawasan bagaimana cara menerapkan strategi yang tepat supaya bisnis bisa bertahan dan menjadi unggul di dalam lingkungan bisnis yang dinamis dan penuh persaingan yang kompetitif da bagaimana para pelaku UMKM memiliki mindset untuk menjadi pebisnis yang tangguh di kawasan regional seperti Asia Tenggara.
Oleh karena itu, penyelenggaraan acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para peserta yang hadir, khususnya para pelaku bisnis (di lingkungan startup, BUMN, bisnis keluarga, dan instansi bisnis lainnya), terkait bagaimana cara untuk mengakselerasi bisnis mereka tidak hanya dengan strategi yang tepat, tetapi juga penyelarasan antara tujuan bisnis (purpose), leadership, budaya perusahaan, struktur organisasi, hingga manajerial untuk menjadi pemenang abadi dalam persaingan bisnis yang ketat.
Buku ini juga cocok untuk dibaca bagi kalangan umum, khususnya para profesional dan pelaku bisnis yang ingin agar bisnisnya bisa berkelanjutan dalam jangka panjang dan menjadi pemimpin pasar (market leader) di antara pesaingnya.
Acara ini telah diselenggarakan pada hari Minggu, 25 Agustus 2024. Acara tersebut berlangsung mulai pukul 13.30-15.30 WIB di Gramedia Grand Indonesia, Jakarta Pusat.
Penulis buku ini, Nurhastuty, adalah seorang akademisi dan pengajar di Universitas Trisakti.
Penulis juga pendiri INSPIRE (Islamic Finance dan Board Member Institute of Halal Investing) di Oregon, AS.
Penulis sebelumnya telah menerbitkan dua buku. Buku pertama mengenai pengalaman sekolah di luar negeri dan buku kedua berjudul Kaya dan Berkah dengan Perencanaan Keuangan Syariah yang juga diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.
Sehingga buku Think Strategy ini adalah buku ketiga dari Nurhastuty. (*)