Find Us On Social Media :

Industri Berita Global Luncurkan Kampanye Choose Truth Jelang Hari Berita Sedunia

By Grid., Selasa, 24 September 2024 | 13:40 WIB

Industri Berita Global Meluncurkan Kampanye Choose Truth Jelang Hari Berita Sedunia

Grid.id – Hari Selasa menandai peluncuran kampanye global "Choose Truth" sebagai bagian dari persiapan menuju Hari Berita Sedunia pada 28 September mendatang.

Lebih dari 100 negara, ratusan organisasi berita, asosiasi media, dan individu akan bergabung untuk menyoroti pentingnya jurnalisme berbasis fakta.

Mereka akan mengajak audiens mereka untuk mendukung outlet berita tepercaya.

Hari Berita Sedunia diselenggarakan bersama oleh Forum Editor Dunia WAN-IFRA dan Yayasan Jurnalisme Kanada, dengan tema kampanye tahun ini: Choose Truth yang dikembangkan oleh Project Kontinuum – inkubator kampanye yang dipimpin oleh pendiri Daily Maverick, Branko Brkic.

"Hari Berita Sedunia menawarkan momen untuk merenungkan peran penting yang dimainkan oleh jurnalis yang independen dan berani dalam komunitas di seluruh dunia. Pekerjaan mereka memberikan bukti yang mengarah pada kebenaran," kata David Walmsley, Pemimpin Redaksi The Globe and Mail dan pendiri Hari Berita Sedunia.

Kampanye "Choose Truth" menekankan komitmen jurnalis yang tak tergoyahkan untuk melaporkan fakta, sambil mengakui tantangan publik dalam menavigasi lingkungan informasi beracun yang dibanjiri misinformasi dan disinformasi.

Dalam artikel bersama untuk Hari Berita Sedunia, Brkic dan peraih Nobel Maria Ressa menulis: "Kebisingan dan kekerasan pada akhirnya akan mereda, dan wacana yang didasarkan pada kebenaran dan kesopanan akan kembali. Untuk saat ini, kita berjuang – setiap saat, setiap jam, setiap hari... Kita akan membela Kebenaran."

Presiden WAN-IFRA, Ladina Heimgartner, Kepala Media Ringier AG, dan CEO Ringier Media Swiss, mengatakan: "Dengan 'Pilih Kebenaran', kami menggarisbawahi komitmen bersama kami untuk mempertahankan prinsip-prinsip jurnalisme berbasis fakta.

Baca Juga: 5 Shio Paling Pantang Adu Otot, Pilih Selesaikan Masalah Tanpa Ngotot

Di dunia yang dibanjiri oleh misinformasi, tanggung jawab jurnalis untuk menyediakan berita yang akurat, dapat diandalkan, dan independen tidak pernah lebih penting dari sebelumnya.

Kampanye ini merupakan pengingat bahwa kebenaran bukan sekadar pilihan – kebenaran adalah fondasi masyarakat yang bebas dan demokratis."

TENTANG HARI BERITA SEDUNIA merupakan inisiatif global untuk menarik perhatian publik terhadap peran jurnalis dalam menyediakan berita dan informasi tepercaya yang melayani warga negara dan demokrasi.

Hari Berita Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 28 September.

Hari Berita Sedunia dipersembahkan oleh World Editors Forum, The Canadian Journalism Foundation (CJF), dan Project Kontinuum milik Daily Maverick.

WAN-IFRA (The World Association of News Publishers) adalah organisasi global pers dunia, yang terdiri dari 3.000 penerbit berita dan perusahaan teknologi serta 60 asosiasi penerbit nasional yang mewakili 18.000 publikasi di 120 negara.

Dengan misi untuk melindungi hak jurnalis dan penerbit di seluruh dunia untuk mengoperasikan media independen, WAN-IFRA menyediakan keahlian dan layanan kepada para anggotanya untuk berinovasi dan berkembang di dunia digital serta menjalankan peran penting mereka dalam masyarakat.

World Editors Forum adalah jaringannya untuk para editor. CANADIAN JOURNALISM FOUNDATION (CJF), yang didirikan pada tahun 1990, mempromosikan, merayakan, dan memfasilitasi keunggulan dalam jurnalisme.

Yayasan ini menjalankan program penghargaan dan beasiswa tahunan bergengsi yang menampilkan gala industri tempat para pemimpin berita, jurnalis, dan perusahaan Kanada berkumpul untuk merayakan pencapaian jurnalisme yang luar biasa dan nilai jurnalisme profesional.

Melalui J-Talks bulanan, rangkaian pembicara publik, CJF memfasilitasi dialog antara jurnalis, pebisnis, akademisi, dan mahasiswa tentang peran media dalam masyarakat Kanada dan tantangan yang terus berlanjut di era digital.

Yayasan ini juga membina peluang untuk pendidikan, pelatihan, dan penelitian jurnalisme.

PROJECT KONTINUUM adalah upaya yang diinkubasi oleh Daily Maverick, yang dipimpin oleh Branko Brkic, untuk menegaskan kembali peran positif media berita dalam komunitas global.

Choose Truth adalah cetak birunya untuk kolaborasi di masa mendatang.

Baca Juga: 5 Shio Paling Berbakat Jadi Pengacara, Pintar Berdebat dan Berpikir Strategis

(*)