Find Us On Social Media :

Bau Mulut dan Gigi Kuning Bikin Enggak Pede? Yuk, Jaga Kebersihan Mulut dengan 4 Cara Ini!

By Yussy Maulia, Selasa, 24 September 2024 | 16:09 WIB

Menjaga kesehatan mulut penting agar tetap percaya diri.

Grid.ID – Selain bau badan, bau mulut juga menjadi salah satu permasalahan tubuh yang kerap mengganggu kepercayaan diri.

Melansir laman kesehatan WebMD, salah satu penyebab utama masalah bau mulut adalah kondisi mulut yang kotor, baik karena adanya sisa-sisa makanan maupun bakteri yang menempel di gigi, lidah, atau gusi.

Jika dibiarkan, penumpukkan sisa makanan dan bakteri di mulut bisa merembet ke gangguan kesehatan mulut lainnya, mulai dari gigi menguning, gigi berlubang, plak atau karang gigi, hingga penyakit gusi.

Lalu, bagaimana cara menjaga kebersihan mulut agar bebas dari bau mulut? Kamu bisa lakukan empat cara sederhana ini.

  1. Rutin sikat gigi

Menyikat gigi dua kali sehari adalah cara paling sederhana untuk menjaga kebersihan mulut. Pastikan kamu menyikat seluruh permukaan gigi, termasuk bagian belakang gigi geraham.

Gunakan sikat gigi dengan bulu lembut untuk mencegah iritasi pada gusi atau langit-langit mulut. Selain itu, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menjaga agar gigi tetap kokoh.

Baca Juga: Bisa Ditiru, Begini Cara Hamish Daud dan Raisa Ajarkan Anak Rutin Sikat Gigi

  1. Bersihkan permukaan lidah

Selain sela-sela gigi, lidah juga bisa menjadi sarang bakteri. Bakteri dan sel-sel kulit mati rentan terperangkap di antara papilla (tonjolan kecil pada permukaan lidah), sehingga menyebabkan bau mulut.

Oleh karena itu, kamu perlu membersihkan permukaan lidah dengan pembersih lidah atau sikat gigi yang memiliki bagian khusus untuk membersihkan lidah.

  1. Hindari makanan beraroma tajam

Jika ingin terhindar dari bau mulut, hindari mengonsumsi makanan beraroma tajam, seperti bawang putih dan merah mentah, jengkol, terasi, serta durian. Minuman beralkohol juga bisa menimbulkan bau mulut sehingga sebaiknya kamu hindari.

Agar terhindar dari bau mulut usai mengonsumsi makanan dan minuman beraroma tajam, pastikan kamu minum air putih yang cukup dan menggosok gigi setelahnya.

Kamu juga dapat memperbanyak konsumsi buah yang mengandung banyak air, seperti jeruk dan semangka. Air alami dari buah dapat menetralkan bau mulut dan membuat mulut lebih segar.