Find Us On Social Media :

Kenalan dengan YouTube Shopping, Kolaborasi YouTube x Shopee yang Bikin Belanja Online Semakin Mudah

By Yussy Maulia, Kamis, 26 September 2024 | 16:44 WIB

Peluncuran YouTube Shopping Affiliates di Indonesia resmi dilakukan pada Rabu (18/9/2024).

Grid.IDYouTube resmi meluncurkan program YouTube Shopping Affiliates di Indonesia, Rabu (18/9/2024).

Menggandeng Shopee sebagai mitra resmi, YouTube Shopping Affiliates memberikan kesempatan bagi kreator untuk mendapatkan komisi dengan merekomendasikan produk-produk yang dijual di Shopee ke penonton setia mereka.

Kreator juga bisa menandai produk Shopee dalam konten mereka, sehingga memudahkan penonton untuk memilih dan membeli produk incaran mereka.

Sebagai informasi, Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang merasakan peluncuran YouTube Shopping Affiliates. Selanjutnya, program ini akan diperkenalkan di Thailand dan Vietnam.

General Manager dan Vice President Shopping YouTube Travis Katz mengatakan, pihaknya meyakini bahwa YouTube Shopping Affiliates dapat menumbuhkan ekosistem belanja online yang lebih menarik, terlebih karena adanya kolaborasi dengan komunitas kreator Indonesia.  

"Program YouTube Shopping Affiliates memberikan kreator cara baru untuk menghasilkan uang dan memberikan nilai tambah bagi komunitasnya, memudahkan penggemar berbelanja rekomendasi dari kreator favorit, dan memberikan kesempatan bagi brand untuk bekerja sama dengan kreator konten  terpercaya,” ujar Katz dalam keterangan resmi, Kamis (26/9/2024).

Baca Juga: Bangun Kedekatan dengan Orangtua, Kiat Little Palmerhaus Jadi Brand Fesyen Lokal Anak Terkemuka

Lebih lanjut Katz menjelaskan, program tersebut sebelumnya telah dirilis di Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Keputusan YouTube menggandeng Shopee sebagai mitra didorong oleh temuan dari Campaign 360 yang menyebutkan platform menjadi salah satu brand e-commerce paling disukai masyarakat Indonesia dan menawarkan pengalaman belanja terbaik.

Shopee telah melayani Penjual dan Pembeli di Indonesia, dan menurut Campaign 360, bukan hanya menjadi brand yang paling dicintai tetapi juga menawarkan pengalaman berbelanja  terbaik.

“Oleh karena itu, kolaborasi ini diharapkan dapat memberdayakan kreator dan UMKM, serta meningkatkan pengalaman berbelanja di YouTube,” kata Katz.