Find Us On Social Media :

Kenalan dengan YouTube Shopping, Kolaborasi YouTube x Shopee yang Bikin Belanja Online Semakin Mudah

By Yussy Maulia, Kamis, 26 September 2024 | 16:44 WIB

Peluncuran YouTube Shopping Affiliates di Indonesia resmi dilakukan pada Rabu (18/9/2024).

Grid.IDYouTube resmi meluncurkan program YouTube Shopping Affiliates di Indonesia, Rabu (18/9/2024).

Menggandeng Shopee sebagai mitra resmi, YouTube Shopping Affiliates memberikan kesempatan bagi kreator untuk mendapatkan komisi dengan merekomendasikan produk-produk yang dijual di Shopee ke penonton setia mereka.

Kreator juga bisa menandai produk Shopee dalam konten mereka, sehingga memudahkan penonton untuk memilih dan membeli produk incaran mereka.

Sebagai informasi, Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang merasakan peluncuran YouTube Shopping Affiliates. Selanjutnya, program ini akan diperkenalkan di Thailand dan Vietnam.

General Manager dan Vice President Shopping YouTube Travis Katz mengatakan, pihaknya meyakini bahwa YouTube Shopping Affiliates dapat menumbuhkan ekosistem belanja online yang lebih menarik, terlebih karena adanya kolaborasi dengan komunitas kreator Indonesia.  

"Program YouTube Shopping Affiliates memberikan kreator cara baru untuk menghasilkan uang dan memberikan nilai tambah bagi komunitasnya, memudahkan penggemar berbelanja rekomendasi dari kreator favorit, dan memberikan kesempatan bagi brand untuk bekerja sama dengan kreator konten  terpercaya,” ujar Katz dalam keterangan resmi, Kamis (26/9/2024).

Baca Juga: Bangun Kedekatan dengan Orangtua, Kiat Little Palmerhaus Jadi Brand Fesyen Lokal Anak Terkemuka

Lebih lanjut Katz menjelaskan, program tersebut sebelumnya telah dirilis di Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Keputusan YouTube menggandeng Shopee sebagai mitra didorong oleh temuan dari Campaign 360 yang menyebutkan platform menjadi salah satu brand e-commerce paling disukai masyarakat Indonesia dan menawarkan pengalaman belanja terbaik.

Shopee telah melayani Penjual dan Pembeli di Indonesia, dan menurut Campaign 360, bukan hanya menjadi brand yang paling dicintai tetapi juga menawarkan pengalaman berbelanja  terbaik.

“Oleh karena itu, kolaborasi ini diharapkan dapat memberdayakan kreator dan UMKM, serta meningkatkan pengalaman berbelanja di YouTube,” kata Katz.

Saat ini, kreator yang memenuhi persyaratan kelayakan sudah dapat bergabung di program YouTube Shopping Affiliate. Dengan proses pendaftaran yang mudah, kreator konten dapat langsung memperoleh komisi dari setiap pembelian produk yang mereka cantumkan pada konten.

Program YouTube Shopping Affiliate pun melengkapi opsi monetisasi yang sudah ada, seperti Pendapatan Iklan, Pendapatan YouTube Premium, Channel Memberships, Super Thanks, Super Chat, dan Super Stickers.

Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, program inisiatif YouTube tersebut pun dinilai akan sangat membantu penjual Shopee untuk bisa terhubung dengan lebih banyak calon pembeli di platform YouTube.

"Kami juga sudah melihat bagaimana konten menarik bisa membantu meningkatkan penjualan UMKM dan brand lokal di platform kami, contohnya lewat fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Video. Kami yakin, kerja sama dengan YouTube akan mendukung penjual, termasuk produk lokal dan UMKM di platform kami untuk bisa lebih bertumbuh," kata Monica.

Baca Juga: Gandeng Shopee, YouTube Resmi Rilis Program Afiliasi YouTube Shopping di Indonesia

Disambut baik oleh kreator

Kehadiran YouTube Shopping pun disambut baik oleh kreator. Pasalnya, program ini memungkinkan kreator untuk menyematkan produk di laman konten mereka, sehingga lebih mudah untuk dilihat dan diklik oleh penonton.

Jika penonton mengklik produk tersebut, mereka akan langsung diarahkan ke halaman penjualan Shopee dan melakukan pembelian di halaman tersebut.

Kreator juga memiliki fleksibilitas untuk menandai produk, baik di video lama maupun video baru, serta menyematkannya saat live streaming.

Kreator konten lifestyle dan entertainment di YouTube, Wisnu Trijaya, mengatakan bahwa program YouTube Shopping Affiliates menjadi angin segar bagi kreator konten sekaligus pebisnis seperti dirinya.

“Sebagai pemilik bisnis kecil, program ini juga membuka peluang besar untuk memperkenalkan produk saya kepada khalayak yang lebih luas maupun berkolaborasi dengan kreator yang memiliki semangat yang sama. Bagi penjual, ini bisa menjadi fitur yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan membangun kesadaran brand,” kata Wisnu.

Ditambah lagi, YouTube menjadi salah satu media sosial yang sering digunakan masyarakat global untuk mendapatkan inspirasi belanja.

Pada 2023 saja, video terkait belanja di YouTube ditonton oleh masyarakat dari seluruh dunia selama lebih dari 30 miliar jam.

Di Indonesia, tren ini semakin terbukti melalui survei Kantar, yang mengungkapkan bahwa 96 persen pengguna meluangkan waktu ekstra untuk menonton video online guna mencari informasi tentang produk sebelum membeli.

Di sisi lain, YouTube melihat adanya perkembangan pesat e-commerce di Indonesia, dengan proyeksi pertumbuhan 15 persen hingga mencapai 110 miliar nilai transaksi bruto (GMV) pada 2025. Selain itu, laporan eConomy terbaru menunjukkan tren kepemimpinan Indonesia dalam ekonomi digital di Asia Tenggara.

Direktur Regional APACYouTube Ajay Vidyasagar mengatakan, YouTube memiliki misi untuk mendukung pertumbuhan tersebut. Terlebih, YouTube sendiri telah menjadi

"Kami sangat antusias untuk melihat bagaimana kreator Indonesia menggunakan fitur ini untuk berinteraksi dengan penggemar mereka, menampilkan produk-produk baru, dan menghasilkan pendapatan tambahan. Kami akan terus berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman berbelanja di platform kami, serta terus berkontribusi pada perkembangan ekonomi digital Indonesia,” ujar Ajay.

Nah, bagi kamu yang ingin bergabung dengan Program YouTube Shopping Affiliates, dapat melihat ketentuannya di sini. Sebelum itu, pastikan kamu juga sudah mendaftar di YouTube Studio.

Yuk, coba monetisasi konten dengan cara yang baru dan tak kalah seru bersama YouTube Shopping Affiliates!