Find Us On Social Media :

Profil Eliano Reijnders, Pemain Timnas Sepakbola Indonesia Keturunan Maluku

By Nira Emily, Selasa, 8 Oktober 2024 | 16:18 WIB

Pemain timnas Indonesia, Eliano Reijnders

Grid.ID - Eliano Reijnders sudah memutuskan untuk menjadi warga negara Indonesia.

Eliano lahir pada tanggal 23 Oktober 2000 di Tampere, Finlandia.

Saat ini ia bermain sebagai gelandang serang atau pemain sayap untuk PEC Zwolle di Eredivisie, kasta teratas sepak bola Belanda.

Eliano dikenal dengan keserbagunaannya di lapangan, mampu bermain di berbagai posisi termasuk fullback dan winger.Eliano berasal dari keluarga sepakbola, ayahnya, Martin Reijnders, adalah seorang pemain profesional yang berkarir di beberapa klub di Belanda, Finlandia, dan Amerika Serikat.

Kakak laki-lakinya, Tijjani Reijnders, juga merupakan pesepakbola profesional yang bermain untuk AC Milan dan mewakili timnas Belanda.

Eliano memiliki darah Indonesia melalui ibunya, Angelina Lekatompessy, yang berasal dari Maluku.

Eliano memulai perjalanan sepak bolanya di PEC Zwolle, bergabung dengan akademi muda mereka setelah bertugas bersama FC Twente dan CSV '28 Zwolle.

Dia melakukan debut seniornya untuk PEC Zwolle pada tahun 2018 dan sejak itu membuktikan dirinya sebagai pemain kunci klub.

Pada musim 2022-2023, ia dipinjamkan ke Jong Utrecht namun kembali ke PEC Zwolle untuk melanjutkan kariernya.

Hingga pertengahan September 2024, ia telah mencatatkan 93 penampilan untuk PEC Zwolle, mencetak enam gol dan memberikan tujuh assist di semua kompetisi.

Pada 30 September 2024, Eliano  resmi memperoleh kewarganegaraan Indonesia sehingga bisa mengikuti kompetisi internasional.

Baca Juga: Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Jadi WNI, Begini Reaksi FC Twente dan PEC Zwolle

Eliano dipanggil memperkuat timnas Indonesia untuk kualifikasi Piala Dunia melawan Bahrain dan Cina pada Oktober 2024146.Eliano secara terbuka menyatakan bahwa merupakan suatu kehormatan besar baginya untuk mewakili Indonesia di kancah internasional.