Find Us On Social Media :

Tokopedia dan ShopTokopedia: Ada Kenaikan Tren Belanja Online di Indonesia Timur

By Grid., Rabu, 9 Oktober 2024 | 15:30 WIB

Masyarakat Indonesia Timur bisa akses berbagai produk kebutuhan dengan mudah dan terjangkau di Tokopedia dan ShopTokopedia lewat Beli Lokal dan Promo Guncang.

Grid.id - Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya membantu masyarakat mengakses produk kebutuhan dengan lebih terjangkau lewat berbagai inisiatif, seperti Beli Lokal dan Promo Guncang, yang ternyata mendorong kenaikan transaksi di kedua platform pada wilayah Indonesia Timur. Beli Lokal memberikan banyak pilihan produk dari pelaku usaha lokal di seluruh wilayah di Indonesia dengan lebih murah lewat diskon, flash sale, dan cashback. Selain itu, ada Promo Guncang pada setiap tanggal kembar yang juga menyediakan berbagai penawaran menarik.

"Pada Promo Guncang 10.10, yang puncaknya akan berlangsung besok (10/10/2024), masyarakat yang berbelanja lewat Tokopedia maupun ShopTokopedia bisa mendapatkan diskon 50%, flash sale Rp10.000, free atau bebas ongkos kirim, dan masih banyak lagi.

Promo ini sangat diminati pembeli sekaligus membantu penjual menaikkan pendapatan. Pada Promo Guncang 5.5 dan 6.6 2024, misalnya, masing-masing berhasil meningkatkan penjualan lebih dari 66% dan lebih dari 72%," Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Antonia Adega.

Transaksi Belanja Online Tokopedia dan ShopTokopedia di Indonesia Timur Meningkat

Berkat inisiatif Tokopedia dan ShopTokopedia, seperti Beli Lokal dan Promo Guncang, ada kenaikan transaksi di Indonesia Timur pada semester I 2024 dibandingkan semester II 2023.

Sejumlah wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Maluku melalui Tokopedia, antara lain: Kepulauan Aru, Maluku Tenggara, dan Tual. Sedangkan kategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Maluku melalui Tokopedia, antara lain: Pakaian Muslim Pria, Helm Motor, serta Gitar dan Bass, dengan rata-rata hampir 2 kali lipat.

Tokopedia juga mencatat peningkatan animo masyarakat di Papua pada semester I 2024 dibandingkan semester II 2023. Sejumlah wilayah yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Papua melalui Tokopedia, antara lain: Deiyai, Mamberamo Tengah, dan Waropen, dengan rata-rata lebih dari 1,5 kali lipat. Sedangkan kategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Papua melalui Tokopedia, yaitu Perawatan Bayi, Pakaian Muslim Pria, dan Peralatan Olahraga Air, dengan rata-rata lebih dari 2 kali lipat.

Animo masyarakat untuk belanja online melalui Tokopedia di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) juga cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Sejumlah wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di NTB melalui Tokopedia, antara lain: Sumbawa Barat, Lombok Utara, dan Bima. Selain itu, beberapa kategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di NTB melalui Tokopedia, antara lain: Pakaian Muslim Pria, Perlengkapan Ibadah, dan Dress Muslim Wanita, dengan rata-rata hampir 2 kali lipat.

Sedangkan sejumlah wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di NTT melalui Tokopedia adalah Rote Ndao, Kupang, dan Sumba Tengah. Sedangkan beberapa kategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di NTT melalui Tokopedia, yaitu Outerwear Muslim Wanita, Merchandise (contoh: photobook, photocard, poster), dan Machinery (contoh: mesin bending, mesin bandsaw), dengan rata-rata hampir 3,5 kali lipat.

Di sisi lain, di ShopTokopedia pada kuartal II 2024 dibandingkan kuartal I 2024, secara keseluruhan (data nasional atau seluruh wilayah di Indonesia), terdapat sejumlah wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain: Bali, Kalimantan Selatan, dan NTB. Beberapa kategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Indonesia melalui ShopTokopedia, antara lain: Peralatan Kamar Mandi, Women's Special Clothing (contoh: pakaian adat), Perlengkapan Taman, Perlengkapan Olahraga dan Kegiatan Luar Ruangan, serta Perlengkapan Barbecue, dengan rata-rata hampir 2 kali lipat.

Baca Juga: Tokopedia Luncurkan Fitur 'Daftar BPJS Ketenagakerjaan' untuk Pekerja Informal hingga UMKM

UMKM wajib catat produk terlaris di Indonesia Timur, bisa jadi ide jualan online