Find Us On Social Media :

Dukung Produk Dalam Negeri, Shopee Gelar Media Gathering Bersama Titan Tyra dan Reza Nurhilman

By Yasmin FE, Kamis, 17 Oktober 2024 | 10:08 WIB

Webinar Jelajahi Rasa Lewat Kreasi Lokal

Grid.ID – Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan mendukung produk lokal, banyak konsumen kini lebih memilih barang-barang hasil produksi dalam negeri, mulai dari produk kuliner hingga perawatan diri.

Konsep cinta produk lokal semakin diperkuat dengan kehadiran e-commerce seperti Shopee, yang memudahkan konsumen untuk menemukan dan membeli barang-barang produksi dalam negeri dari berbagai daerah di Indonesia.

Sejalan dengan gerakan tersebut, Shopee mengundang pemilik brand camilan Maicih Reza Nurhilman dan influencer sekaligus pemilik brand lokal Secondate dan Madcoco Titan Tyra dalam acara “Media Gathering - Jelajahi Rasa Lewat Kreasi Lokal Bersama Shopee”, Selasa (15/10/2025).

Kedua pemilik brand dalam negeri ini hadir untuk berbagi perspektif dan pengalaman mereka dalam mengkreasikan kekayaan alam melalui inovasi produk bersama Shopee dan fitur interaktif Shopee Live maupun Shopee Video.

Titan Tyra, pendiri merek kecantikan Secondate dan produk minuman Madcoco, memanfaatkan platform Shopee untuk memperkenalkan produk lokal Indonesia.

Sebagai influencer dan pengguna Shopee, ia melihat potensi besar dari kekayaan alam lokal yang bisa diolah menjadi produk berkualitas.

Secondate yang diluncurkan pada 2020, fokus pada produk kecantikan yang cocok dengan kulit masyarakat Indonesia, sementara Madcoco yang dirilis pada 2022, menggunakan kelapa sebagai bahan utamanya.

“Aku menciptakan kedua brand ini untuk mengajak lebih banyak masyarakat menikmati dan mendukung kreasi lokal yang berkualitas,” ujar Tyra.

Baca Juga: Dukung Mitra Brand Optimalkan Potensi Bisnis, Shopee 10.10 Brands Festival Catat Peningkatan Transaksi 7 Kali Lipat di Shopee Mall

Melalui Secondate, ia mengangkat cerita-cerita dari perempuan Indonesia lewat produk kecantikan yang sesuai dengan kebutuhan kulit masyarakat Indonesia, baik dari shades hingga bahan utama yang sesuai dengan iklim disini.

Sedangkan Madcoco, memaksimalkan pemanfaatan buah kelapa sebagai salah satu buah yang banyak ditemukan di Indonesia untuk kreasi minuman. 

“Kami ingin menunjukkan bahwa bahan lokal dengan sentuhan modern bisa menjadi kreasi yang menarik dan dinikmati lebih banyak orang,” jelas Tyra.

Shopee disebut Tyra memegang peran penting dalam pertumbuhan kedua brand tersebut melalui fitur seperti Shopee Live dan Shopee Video. Shopee membantu Secondate mencapai penjualan terbaik.

“Berkat berbagai kampanye dan program Shopee, serta fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video, produk Secondate Milky Gel Lip Tint, dan Secondate Face Castle Palette bisa menjadi produk terlaris di Shopee Live,” tambahnya.

Baca Juga: Inspiratif! Ayu Catur, Anak Petani yang Angkat Ekonomi Keluarga Berkat Komisi Puluhan Juta di Shopee Affiliate

Sementara itu, Maicih memperkenalkan camilan khas Sunda lewat rasa yang lebih modern.

Maicih adalah brand keripik singkong pedas khas Sunda yang sudah meraih sukses melalui penjualan di Shopee sejak 2010.

Fitur Shopee Live dan Shopee Video disebut pemilik Maicih Reza Nurhilman berhasil membantu memperkenalkan produk Maicih dan meningkatkan penjualan hingga 54 kali lipat pada awal 2024.

Partisipasi aktif di kampanye seperti 9.9, 10.10, dan Shopee Pilih Lokal juga disebut turut mendorong pertumbuhan Maicih, sekaligus mendukung ekonomi lokal melalui penggunaan bahan baku dari petani Indonesia.

Bahkan, Shopee Live juga berkontribusi lebih dari 32 persen dari total penjualan Maicih selama periode 2023-2024.

“Beragam promosi dan partisipasi aktif di berbagai rangkaian kampanye besar seperti 9.9, 10.10, hingga Shopee Pilih Lokal juga telah mendorong peningkatan bisnis Maicih,” terang Reza.

Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, acara ini merupakan bagian dari komitmen Shopee yang ingin menjadi tujuan utama pengguna dalam mencari kebutuhan sehari-hari, termasuk produk lokal yang beragam dan berkualitas tinggi.

Baca Juga: Kenalan dengan YouTube Shopping, Kolaborasi YouTube x Shopee yang Bikin Belanja Online Semakin Mudah

“Kami terus meluncurkan berbagai inovasi dan program untuk mendukung produk lokal melalui kampanye Shopee Pilih Lokal, fitur belanja interaktif Shopee Live dan Shopee Video, serta program edukasi melalui Kampus UMKM Shopee dan Program Shopee Ekspor,” ujar Monica.

Shopee berharap, inisiatif ini tidak hanya memberikan dampak positif yang signifikan bagi brand lokal, tetapi juga semakin menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap produk-produk lokal yang unik dan kreatif.

Promo menarik untuk dukung brand lokal

Untuk mendukung perkembangan produk lokal, pengguna dapat menikmati rangkaian promo menarik yang Shopee hadirkan, mulai dari Belanja Gratis 50RB, Flash Sale Serba 17RB, dan Diskon Tumpuk 50 persen + 50 persen di kampanye Shopee Pilih Lokal Day pada 17 Oktober 2024.

“Rasakan juga belanja interaktif dari live streaming maupun konten kreatif bersama fitur Shopee Live dan Shopee Video. Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play,” kata Monica.