Find Us On Social Media :

Kemendikbudristek dan Para Mitra Bersinergi Wujudkan Generasi Sehat, Cerdas, Berkarakter

By Grid., Sabtu, 19 Oktober 2024 | 10:10 WIB

Grid.id - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen), melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan mitra yang berasal dari dunia usaha, organisasi non-pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat, dan dunia industri dalam rangka mendukung implementasi Gerakan Sekolah Sehat (GSS). Penandatanganan PKS tersebut dilangsungkan dalam rangkaian agenda gelar wicara GSS dengan tema “Sinergi Hadapi Perubahan Iklim untuk Generasi Sehat, Cerdas dan Berkarakter”.

Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen, Iwan Syahril, mengatakan bahwa Kemendikbudristek mengapresiasi segala bentuk dukungan dari mitra-mitra dalam GSS. Dukungan dari berbagai pihak, baik itu pemerintah, swasta, maupun masyarakat, sangat penting dalam membangun ekosistem pendidikan yang mendukung perkembangan anak secara holistik.

“Bersama dengan ini, kami juga mengapresiasi segala bentuk dukungan dari para mitra dalam GSS. Harapan kita bersama, dengan terlaksananya PKS hari ini, seluruh pihak dapat berperan aktif dalam menyukseskan GSS. Mari terus kita tingkatkan kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan satuan pendidikan, agar terwujudnya peningkatan kualitas pembelajaran, untuk anak Indonesia yang sehat, cerdas, kuat, dan berkarakter,” ujar Iwan, dalam pembukaan gelar wicara, di Jakarta, Kamis (17/10).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Sekolah Menengah Pertama, Imran, dalam laporannya mengatakan bahwa salah satu strategi Kemendikbudristek untuk mendukung dan mengimplementasikan GSS hingga ke tingkat akar rumput adalah dengan mengajak para mitra. Menurutnya, para mitra tersebut memiliki ketertarikan dan komitmen kuat untuk berkontribusi di bidang pendidikan, baik di tingkat pusat, daerah, dan bahkan hingga satuan pendidikan.

“Kemendikbudristek selalu berupaya mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi, bergotong royong dan berkontribusi dalam implementasi GSS di satuan pendidikan. Kami selalu mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak, salah satu buktinya adalah PKS yang dilakukan hari ini bersama para mitra. Sinergitas ini sangat penting untuk menyukseskan GSS guna mewujudkan generasi sehat, cerdas, dan berkarakter,” ungkap Imran.

Salah satu mitra GSS, yaitu PT. Cisarua Mountain Tbk (PT Cimory), yang diwakili oleh Pamungkas Bayu Triprasetyo, Direktur Manufacturing Dairy, mengungkapkan pendapatnya tentang kegiatan gelar dan PKS GSS. Menurutnya, GSS merupakan program yang bagus dalam mewujudkan lingkungan sehat di satuan pendidikan.

“Kami dari PT Cimory berharap bisa berkontribusi dengan maksimal untuk program ini. PT Cimory akan melakukan edukasi secara langsung kepada peserta didik di satuan pendidikan. Selain itu, kami juga dapat memberikan masukan dan edukasi tentang makanan bergizi ke anak-anak Indonesia,” tutur Bayu.

Selain itu, perwakilan mitra GSS lainnya, yakni Biofarma, yang diwakili oleh Erwin Setiawan, Kepala Departemen Manajemen Produk Nasional, menyatakan dukungannya sebagai mitra GSS untuk terus melanjutkan GSS.

“Dalam kerja sama ini, ruang lingkup kami terkait dengan dukungan komunikasi, publikasi, dan juga peningkatan kapasitas peserta didik. Kita berharap dengan edukasi sehat lingkungan, terdapat perubahan perilaku pada peserta didik untuk terus hidup bersih dan sehat, tak hanya di sekolah, tetapi di rumah,” pungkas Erwin.

Baca Juga: Polemik Gelar Doktor Honoris Causa Raffi Ahmad, Kemendikbud Bakal Beri Sanksi UIPM Jika Terbukti Lakukan Ini

Upaya Kemendikbudristek Wujudkan Generasi Sehat, Cerdas, dan Berkarakter di Tengah Tantangan Perubahan Iklim

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), menyelenggarakan gelar wicara Gerakan Sekolah Sehat (GSS) dengan tema “Sinergi Hadapi Perubahan Iklim untuk Generasi Sehat, Cerdas dan Berkarakter”, Kamis (17/10). Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong akselerasi implementasi Gerakan Sekolah Sehat (GSS) di satuan pendidikan, serta memberikan informasi tentang upaya untuk mendukung peserta didik dalam mengenal dan mengantisipasi perubahan iklim.