Find Us On Social Media :

Cosmetic Day 2024 Bakal Digelar 4 Hari, Ada Pameran Kosmetik Hingga Workshop!

By Christine Tesalonika, Selasa, 29 Oktober 2024 | 15:09 WIB

Pembukaan Cosmetic Day 2024 di Kementerian Perindustrian RI di Gatot Subroto, Jakarta Selatan pada Selasa (29/10/2024)

Laporan Wartawan Grid.ID, Christine Tesalonika

Grid.ID - Pasar kosmetik di Indonesia kini tengah berada dalam kondisi ekspansif.

Hal ini tampak pada data total pendapatan Industri Kosmetik yang dalam kurun waktu 2021-2024 diperkirakan mengalami total kenaikan 48 persen, yakni dari US$ 1,31 miliar atau sekitar Rp 21,45 triliun di tahun 2021, menjadi US$ 1,94 miliar atau sekitar Rp 31,77 triliun pada 2024. 

Di samping mempunyai potensi pasar yang besar, industri kosmetik Indonesia juga menjadi salah satu sektor industri yang banyak digeluti oleh pelaku industri dalam negeri. 

Berdasarkan data Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (PERKOSMI) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), pelaku kosmetik meningkat dari 819 pelaku usaha di tahun 2021 menjadi 1039 pelaku usaha pada akhir 2023.

Data PERKOSMI juga menunjukkan bahwa 89 persen dari pelaku usaha kosmetika di Indonesia merupakan pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM), sehingga IKM kosmetik turut berperan penting dalam penyediaan lapangan pekerjaan.

Pertumbuhan sektor industri kosmetik ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga tahun 2028, dan diperkirakan dalam kurun waktu 2024-2028, industri kosmetik di Indonesia akan mengalami pertumbuhan rata-rata sebesar 5,35 persen pertahun.

Data tersebut disampaikan oleh Reni Yanita selaku Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) pada kegiatan Kick Off Kompetisi Start-up Kosmetik 2024 pada Selasa, 30 Juli 2024 lalu.

Untuk dapat berhasil di persaingan pasar kosmetik saat ini, penting bagi pelaku usaha kosmetik, khususnya yang berskala IKM untuk memahami perubahan preferensi konsumen dan menyesuaikan produk, serta menyiapkan strategi pemasaran agar mampu diterima oleh pasar.

Sebagai wadah bagi para pelaku IKM kosmetik di Indonesia untuk memamerkan produk, memperluas pasar, dan berjejaring dengan sesama pelaku IKM kosmetik maupun stakeholder terkait, sejak 2019 Direktorat Jenderal (Ditjen) IKMA Kementerian Perindustrian juga rutin mengadakan Cosmetic Day.

Cosmetic Day menghadirkan berbagai kegiatan mulai dari temu bisnis, talkshow, workshop, dan tentunya pameran IKM kosmetik binaan Ditjen IKMA.

Baca Juga: Meriahnya Cosmetic Day 2023 Kementerian Perindustrian X Stylo Indonesia, Gandeng 20 IKM Kecantikan Lokal Binaan Ditjen IKMA