Grid.ID - Keberhasilan seorang kreator tidak hanya diukur dari seberapa besar audiens yang dijangkau, tetapi juga dari seberapa otentik dan berani mereka menampilkan keunikan diri.
Prinsip inilah yang dianut oleh Juli Masesa, seorang influencer sekaligus streamer di Shopee Live.
Gaya bicaranya yang lugas, edukatif, dan berani mengeksplorasi tren, membuat perempuan yang akrab disapa Masesa ini sukses menjadi seorang kreator yang menonjol di tengah persaingan yang ketat.
Melalui platform Shopee Live, ia memberikan panggung bagi brand-brand lokal untuk bersinar. Dengan rata-rata 300-500 penonton setiap sesi live, Masesa berhasil menjual ribuan produk dalam satu kali tayangan.
"Saya biasa mempromosikan produk-produk lokal yang ada di kategori Fashion dan Aksesori, seperti Tas Wanita," ujar Masesa.
Dengan memberikan spotlight kepada penjual lokal, ia berharap dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mendukung produk dalam negeri.
Baca Juga: Shopee 12.12 Birthday Sale Sukses Cetak Kenaikan Penjualan Brand Lokal dan UMKM hingga 7 Kali Lipat
Meski begitu, Masesa mengaku bahwa menjadi kreator Shopee Live awalnya hanya sebuah eksperimen.
“Awalnya, saya tertarik menjadi kreator Shopee pada 2023 karena sistemnya yang user-friendly, komisi yang menarik, hingga pilihan produk yang beragam, terutama dari brand-brand lokal," ujarnya.
Seiring dengan berjalannya waktu, Masesa mulai memahami seluk beluk live streaming dan cara berinteraksi dengan penonton. Hasilnya, komisi Shopee Live yang ia terima pun meningkat signifikan.
"Shopee Live telah membantu saya dan keluarga dalam mencapai stabilitas finansial, seperti dapat memiliki tabungan masa depan, hingga tabungan pendidikan untuk anak," tambah Masesa.