Laporan Wartawan Grid.ID, Linda Fitria C
Grid.ID - Salah satu proses rekruitmen yang paling penting adalah interview atau wawancara.
Selama proses interview ini, kamu akan dinilai dan dilihat secara langsung oleh penguji atau HRD.
HRD akan dengan mudah menilai apakah dirimu layak menjadi pegawainya atau tidak.
Untuk itu, dibutuhkan banyak persiapan dan pengetahuan lebih sebelum melakukan interview.
Salah satunya tips membuat kesan pertama yang baik.
(BACA JUGA : Samuel Zylgwyn Belajar Gendong Bayi, Gimana sih Cara Menggendong Anak yang Tepat Sesuai Usianya?)
Dikutip dari Lifealth, ada beberapa faktor yang bisa menunjang kesan pertama seseorang.
1. Postur tubuh
Postur tubuh akan berbicara banyak tentang kepribadianmu.
Pastikan kamu membawa diri dengan nyaman.
Jangan membungkuk dan jangan terlalu kaku.
2. Senyum
Tersenyumlah sepanjang interview.
(BACA JUGA : Payudara Pria Ini Tumbuh Setelah Konsumsi Kedelai, Memangnya Bisa Begitu? Berikut Penjelasannya)
Bahkan ketika baru memasuki ruangan, ada baiknya kamu sudah melemparkan senyum terbaik agar bisa mencuri perhatian.
Tapi ingat, tersenyumlah secara tulus ya.
3. Jangan terlalu banyak menceritakan dirimu
Ceritakanlah dirimu dengan padat dan jelas.
Fokuslah pada kemampuan dan kompetensi diri yang kamu punya.
Jangan menceritakan terlalu banyak hal pribadi yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.
4. Pakailah pakaian yang baik
(BACA JUGA : Konsumsi Kedelai Bisa Sebabkan Kanker Payudara, Mitos atau Fakta?)
Penampilan saat wawancara memiliki point tersendiri bagi penguji.
Pakailah pakaian yang menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang siap bekerja.
Menyiapkan pakaian wawancara sangat penting karena ini menjadi penilaian pertama saat penguji bertemu denganmu.
Riset terhadap budaya berpakaian perusahaan juga penting agar kamu terhindar dari situasi 'salah kostum'.
5. Tenang dan rileks
Wawancara adalah soal kesiapan seseorang untuk mulai bekerja.
HRD akan melihat apakah kamu benar-benar siap atau tidak.
Selamat mencoba dan semoga sukses ya!(*)