Find Us On Social Media :

Yuk Pahami Influencer Marketing, Cara Pemasaran Juga Profesi yang Lagi Tren Banget!

By Violina Angeline, Rabu, 16 Mei 2018 | 10:00 WIB

Grid.ID - Kamu kenal Arief Muhammad? Jennifer Bachdim? Tiara Pangestika? Cindercella? Chandra Liow? Rachel Vennya? Awkarin? Jovi Adhiguna? Rachel Goddard? atau Gen Halilintar?

Kalau kamu penghuni setia media sosial atau YouTube pasti kenal betul orang-orang di atas.

Yap, mereka adalah orang-orang terkenal yang kita kerap sebut sebagai Influencer.

(BACA JUGA: Buat Iri! Rianti Cartwright Foto Bareng Cristiano Ronaldo, Sampai Dirangkul Segala)

Mereka bukan sekadar orang terkenal di Instagram atau YouTube, tapi mereka mampu memengaruhi para pengikutnya dalam mengambil sebuah keputusan.

Popularitas dan uang yang didapatkan orang-orang di atas ketika bekerja sebagai Influencer, telah membuat banyak orang ingin berprofesi sebagai Influencer.

Lalu ketika mengartikannya ke dalam dunia pemasaran atau marketing, Influencer adalah seseorang yang membantu orang lain untuk membeli dari si pemasar.

Orang-orang akan lebih percaya dengan apa yang orang lain katakan, hal inilah yang membuat Influencer Marketing sebagai strategi pemasaran yang efektif dan kuat.

Produk atau jasa yang ditawarkan oleh seorang Influencer dianggap lebih bisa dipercaya karena pengikut mereka adalah tipe yang loyal.

(BACA JUGA: Billboard Goda ARMY dengan Video Spesial dari BTS

Influencer akan mempromosikan produk atau jasa dari pemasar dan mereka juga akan memberitahukan apa yang kurang dari produk atau jasa itu.

Tapi cara mereka melakukan kedua hal itu dianggap lebih kredibel dan berguna daripada teknik pengiklanan tradisional.

Nah, buat kamu yang ingin menjadi Influencer atau sudah menjadi Influencer tapi ingin 'dipakai' oleh para pemasar, ada baiknya kamu lanjut baca artikel ini.

Sedangkan buat kamu yang ingin produk atau jasa yang kamu tawarkan dipromosikan oleh Influencer, kamu juga harus lanjut baca artikel ini.

Karena setelah ini, Grid.ID akan memperkenalkan NoxInfluencer.

Nox Influencer adalah sebuah platform digital yang akan meningkatkan performa dan efisiensi para Influencer, juga mencarikan brand dan agensi yang mau memakai jasamu.

(BACA JUGA: Mulai Kenakan Hijab, Asha Shara: Ga Mau Nyusahin Almarhum Papah

Di platform ini juga, para pemasar atau pengiklan akan menemukan solusi yang tepat dan efektif secara budget dalam membangun brand awareness, tentunya lewat pencarian Influencer yang tepat.

Mungkin kamu bertanya-tanya, sebagai Influencer, bagaimana cara untuk mulai membangun bisnis influencer marketing ini?

Pertama, kamu harus tahu terlebih dahulu apa yang audiensmu ingin lihat atau tonton.

Sebagai Influencer, kamu tentu tahu di bidang apa kemampuanmu dalam memengaruhi banyak orang jadi paling berguna, dengan begitu kamu akan tahu apa yang audiensmu ingin lihat atau tonton.

Apakah itu di bidang kuliner, travel, otomotif, fashion, atau produk kecantikan.

Kedua, sebarkan konten berkualitas tinggi dalam periode yang tetap, artinya kamu harus konsisten.

Kamu harus tetapkan, kapan kamu akan memberikan konten baru kepada pengikutmu.

Apakah itu harian seperti daily vlog, atau mingguan sehingga kamu betul-betul bisa menyiapkan dengan matang konten yang akan kamu buat, yang pasti jangan 'angot-angotan'.

(BACA JUGA: Via Vallen Mulai Nyanyi Lagu Pop, Penggemar Ada yang Baper Tapi Kecewa)

Ketiga, membangun hubungan dan mengikutsertakan para pengikutmu.

Buat para pengikutmu setia kepadamu dengan mengikutsertakan mereka ke dalam kegiatanmu, misalnya buat giveaway atau jalan-jalan bareng followers/subscribers.

Kamu juga bisa buat tanya jawab atau curhat singkat dengan para pengikutmu, sehingga mereka akan loyal kepadamu.

Keempat dan yang terakhir, cari rekan bisnis.

Cari rekan bisnis yang punya visi dan misi yang sama denganmu, juga cari yang tentunya punya kemampuan berbisnis yang mumpuni.

Kamu juga tidak perlu terburu-buru mencari rekan bisnis, jangan sembarang memilih hanya karena dia punya modal, cari tahu lebih dalam latar belakangnya, sifat, dan sikapnya dalam berbisnis.

Tentunya yang paling penting, rekan bisnis yang kamu tentukan harus bisa dipercaya!

Lalu bagaimana NoxInfluencer bisa membantumu memulai bisnis Influencer Marketing?

(BACA JUGA: Tak Ajukan Eksepsi, Fachri Albar Pasrah Terima Putusan Hakim)

1. Menghasilkan uang sekaligus membangun audiens

Kamu akan dibayar untuk membuat konten dengan kata-katamu sendiri dan bekerja bersama brand yang tepat, yang bisa mempromosikanmu dan membantumu membangun audiens.

2. Menemukan brand baru dan bekerja langsung dengan brand tersebut

Bergabung dengan NoxInfluencer bisa membuatmu mudah ditemukan oleh brand-brand ternama di dunia.

Kamu bisa berkolaborasi langsung dengan brand itu, tanpa perantara orang ketiga.

3. Mengontrol konten dan harga

Di NoxInfluencer, kamu sendiri yang akan mengontrol pekerjaanmu dan bernegosiasi sendiri dengan brand tersebut.

Jadi, kamu bisa tentukan sendiri bayaranmu setelah mempromosikan sebuah brand.

(BACA JUGA: Tak Ajukan Eksepsi, Fachri Albar Pasrah Terima Putusan Hakim)

4. Pembayaran yang cepat dan aman

Kamu akan dibayar tepat setelah kamu sudah memposting video di YouTube atau media sosialmu lewat PayPal.

NoxInfluencer tentunya akan menyediakan kontrak yang akan ditandatangani oleh Influencer dan brand.

Lalu sekarang ke bagian pemasar, kenapa perusahaan atau brand-mu butuh Influencer Marketing?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Influencer akan mempromosikan brand dengan cara yang berbeda tapi efektif.

NoxInfluencer juga akan membantumu lewat 4 hal.

1. Database Influencer yang luas

NoxInfluencer memiliki lebih dari 100.000 database influencer yang bisa dicari secara spesifik lewat kata kunci, demografik, minat, lokasi, dan lainnya.

Menggunakan NoxInfluencer, kamu bisa mencari influencer yang tepat hanya dalam waktu beberapa menit saja, tentunya dengan filter yang tepat.

(BACA JUGA: Sepakat Damai, Sandy Tumiwa Percaya Tessa Kaunang Pintar Mendidik Anak)

2. Penyesuaian Influencer

Di NoxInfluencer kamu bisa dengan mudah menemukan Influencer yang memenuhi kriteriamu secara akurat.

Kamu bisa mencari Influencer yang paling tepat untuk brand-mu.

3. Hasil pencarian yang real-time

NoxInfluencer bisa mencari performa dari tiap konten yang ada, jadi kamu bisa langsung punya gambaran dalam proses promosi.

4. Penyesuaian hasil

NoxInfluencer memberikan pengertian mendalam pada kampanye yang telah kamu lakukan, juga akan mengukur ROI dengan hasil yang dapat disesuaikan.

Kamu bisa mencari tahu, mana yang berhasil dan mana yang tidak untuk mengoptimasi pemasaranmu selanjutnya.

(BACA JUGA: Takut Azab Kubur, Asha Shara Putuskan Hijrah dan Berhijab saat Ramadan)

Jadi gimana, setelah membaca artikel di atas, kamu sudah tahu kan betapa menjanjikannya bisnis Influencer Marketing.

Juga bagaimana efektifnya menggunakan Influencer untuk mempromosikan brand-mu.

Apalagi dengan bantuan NoxInfluencer yang akan mempermudah semuanya! (*)