Find Us On Social Media :

Hadapi Jalur Tanjakan Pakai Mobil Manual, 4 Hal Ini Pemula Wajib Tahu

By Octa Saputra, Selasa, 12 Juni 2018 | 08:00 WIB

Jalanan menanjak, butuh skill dan pengalaman pengemudi

Grid.ID - Berkaca pada kejadian Daihatsu Ayla nggak kuat nanjak, dugaannya karena human error.

Jadi musim mudik 2018 ini, viral kejadian Daihatsu Ayla nggak kuat menanjak di Jembatan Keteng, Susukan, Semarang, Jawa Tengah.

Dari video yang beredar, bahwasannya Daihatsu Ayla tersebut alami mati mesin di trek menanjak.

Si pengemudi coba menyalakan mesin dan mobil tetap nggak kuat menanjak, lah kok malah melorot.

Perlu disadari, bahwasannya saat ini nggak ada pengemudi yang punya pengalaman lalui jalur tol yang baru dibuka.

(BACA JUGA : Jedot-jedotin Kepalanya ke Samsak Tinju, Raditya Dika Ngaku Sedang Latihan Tuyul Mengamuk)

Tapi tidak sedikit pengemudi yang punya pengalaman menghadapi handicap yang mirip dengan yang ada di sepanjang ruas tol Trans Jawa itu.

Salah satunya saat harus melintas di jembatan Keteng, Susukan, Semarang.

Mereka yang sudah banyak pengalaman berkendara luar kota, tentu tahu bagaimana cara menghadapi rintangan seperti itu.

Kalau masih baru pertama alias newbie, hampir bisa dipastikan kejadian seperti Daihatsu Ayla nggak kuat nanjak akan terjadi lagi.

Mengantisipasi ruas jalan yang menanjak, ada beberapa hal yang perlu diingat.

(BACA JUGA : Inspirasi Fashion dengan Outfit Warna Terang ala Dian Sastro, Biar Gayamu Nggak Terkesan Norak!)

1. Jangan panik

Saat mesin tiba-tiba mati di tanjakan, jangan sampai panik.

Kalau Anda panik, masalah sepele nggak akan bisa diselesaikan.

2. Gigi rendah

Untuk yang satu ini, kalau melihat konturnya nggak terlalu miring bisa tetap pakai gigi perneling 3 atau 2.

Tapi kalau terlihat tanjakannya curam, siap-siap deh oper gigi dari 2 ke 1.

3. Mesin mati

Biasanya kalau nggak memindahkan ke gigi perneling yang lebih rendah saat menanjak, power mesin ngedrop dan kemudian mati.

Dalam kondisi seperti ini, nggak perlu buru-buru menghidupkan mesin lagi.

Injak rem dan juga fungsikan rem tangan, biar nggak melorot tuh mobil.

Kalau sudah berhenti, hidupkan mesin lalu injak koplingh dan masukkan perneling digigi 1.

Injak gas, lepas pedal kopling berlahan sambil juga release handrem pelan-pelan.

Begitu mobil bergerak, tekan pedal gas agak lebih dalam.

4. Nyalakan hazard

Dalam kondisi mesin mati di tanjakan, jangan lupa nyalakan lampu hazard.

Agar pengguna jalan lain, tahu bahwa Anda dalam kondisi ada masalah.(*)