Find Us On Social Media :

Taklukkan Tanjakan Dengan Mobil Matik, 4 Hal Ini Jadi Kunciannya

By Octa Saputra, Kamis, 14 Juni 2018 | 08:00 WIB

Daihatsu Ayla nggak kuat nanjak di jembatan

Grid.ID - Bukan tidak mungkin, kamu pada musim mudik tahun ini baru kali pertama bawa kendaraan bertransmisi otomatis.

Nggak perlu keder, meski memang kenyataan dilapangannya seperti itu.

Kalau sampai keder, bisa jadi kamu masuk berita dan viral seperti Daihatsu Ayla yang nggak kuat nanjak.

Untuk pengemudi mobil bertransmisi otomatis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ketemu tanjakan.

1. Wajib paham betul, fungsi dari huruf-huruf yang ada di tuas transmisi otomatis.

Kalau di Daihatsu Xenia, huruf-hurufnya terdiri atas P untuk parkir, R kalau mau mundur atau atret, N posisi gigi netral, D atau drive untuk berkendra, D-3, 2 dan L.

(BACA JUGA : Iqbaal Ramadhan Ngaku Puasanya Banyak yang Bolong di Tahun Ini)

2. Pahami kondisi jalanan

Dalam kondisi jalan menanjak dan macet, mobil butuh akselerasi tinggi.

Makanya nggak bisa kalau tuasnya di posisi D.

Pindahkan tuas diposisi D-3 atau D-2 dan semakin tinggi tanjakannya, maka jangan ragu untuk pindahkan tuas ke L atau gigi low.

(BACA JUGA : Stop Gunakan Pasta Gigi Untuk Obati Jerawatmu, Ini Alasannya)

3. Posisi tuas di P

Hal ini harus dilakukan apabila sampai terjadi mobil harus berhenti di tanjakan.

Tapi jangan lupa, juga dibarengi dengan rem tangan.

Bila tuas perneling nggak dipasang di P, bisa timbul overheating akibat temperatur oli transmisi naik.

4. Fitur Hill Start Assist

All New Daihatsu Terios tipe R punya fitur ini.

Hill Start Assist adalah fitur yang membantu mobil agar tidak mundur saat stop and go di tanjakan.

Sangat membantu sekali buat yang mudiknya banyak lewat jalanan menanjak.(*)