Find Us On Social Media :

6 Even Menarik di Jawa Tengah Dalam Waktu Dekat, Catat Tanggalnya

By Novita, Senin, 9 Juli 2018 | 22:51 WIB

Ada 6 even di Jawa Tengah dalam waktu dekat ini

 

Laporan Wartawan Grid.ID, Novita D PrasetyowatiGrid.ID -  Pada tahun 2018 ini, akan ada banyak event yang diselenggarakan di Jawa Tengah. Setidaknya ada 7 event menarik yang diselenggarakan pada bulan Juli ini.Buat kamu orang Jawa Tengah maupun yang akan bertandang ke Jawa Tengah, event-event ini bisa kamu jadikan agenda wisata di bulan ini.Berikut telah Grid.ID rangkum dari berbagai sumber, jadwal 6 event Bulan Juli 2018 yang ada di Jawa Tengah.

(BACA JUGA : Sebuah Penelitian di Inggris Ungkap Kopi Bisa Turunkan Risiko Kematian)1. Solo Batik Carnival XI 2018Solo Batik Carnival (SBC) merupakan event budaya yang mengangkat batik agar dikenal oleh masyarakat luas.Event SBC diselenggarakan tiap satu tahun sekali.Seperti namanya, event ini diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah.Tema SBC pada tahun ini adalah Ika Paramartha, yang memiliki makna kesatuan dari hal-hal yang baik, sehingga mampu menginspirasi.SBC 2018 mengangkat delapan tema batik dari daerah-daerah di Indonesia, yaitu: (Nagari Minangkabau, Sumatera), (Dayak Borneo, Kalimantan), (Jawadwipa, Jawa), (Mapalili Mamiri, Sulawesi), (Tana Sajojo, Papua), (Lenggang Batavia, DKI Jakarta), (Tiara Dewata, Bali), dan (Sasando Timor, Nusa Tenggara)/Rangkaian event exebition SBC tahunan ini akan diselenggarakan pada tanggal 11-15 Juli 2018 di Benteng Vastenburg, Surakarta, Jawa Tengah.Namun,  untuk acara karnaval kostum SBC nantinya akan diselenggarakan pada tanggal 14 Juli 2018 menyusuri Jl. Slamet Riyadi, dari Stadion Sriwedari hingga Benteng Vastenburg.2. Gebyar Pariwisata, Perdagangan Investasi Perikanan, Pertanian, dan Industri Nasional 2018 Seperti yang sudah banyak dilakukan beberapa kota di Indonesia untuk meningkatkan promo produk UMKM, kali ini giliran Jawa Tengah yang akan menyelenggarakannya.Gebyar Pariwisata, Perdagangan Investasi Perikanan, Pertanian, dan Industri Nasional tahun ini akan dilangsungkan pada tanggal 12-15 Juli 2018.Dalam acara ini, akan ditampilkan pameran segala potensi produk mulai dari pertanian, perkebunan, peternakan, holtikultura, kehutanan, kelautan, perikanan, dan industri UKM yang ada di wilayah Jawa Tengah.Acara yang diselenggarakan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTDP) Provinsi Jawa Tengah ini akan diselenggarakan di Solo Grand Mall, Surakarta, Jawa Tengah.

(BACA JUGA : Kenali Sifat Terburuk yang Ada di Dirimu Menurut Zodiak, Yuk!) 3. Festival Kopi dan Otomotif Sebagai peringatan hari jadi Kabupaten Wonosobo yang ke-193, Pada tanggal 15-16 Juli 2018 akan diselenggarakan festival kopi dan otomotif.Seperti namanya, akan ada mini car contest, coffe festival, fun games, dan juga bazar.Tak hanya itu, dalam acara ini nanti juga akan ada live music jazz, dangdut, DJ, dan band perform. Acara Festival Kopi dan Otomotif ini akan dilaksanakan di Sasana Adipura Kencana, Wonosobo, Jawa Tengah4. Purworejo Kite FestivalSeperti namanya, festival ini adalah festival layang-layang tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Purworejo, Jawa Tengah.Pada festival ini akan ada layang-layang dalam berbagai ukuran dan bentuk mulai dari layang-layang tradisional, dua dimensi, tiga dimensi, train/naga, dan rokaku.Festival layang-layang ini akan dilangsungkan di Pantai Ketawang Grabag, Purworejo, Jawa Tengah pada tanggal 28-29 Juli 2018 nanti.5.Festivasl Lima Gunung, Jawa TengahFestival lima gunung merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh para seniman petani komunitas lima gunung di Kabupaten Magelang.Lima gunung yang dimaksud adalah Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Andong, dan Manoreh.Di sana nanti akan ada atraksi kesenian, kirab budaya, pameran seni rupa, dsb. Acara festival lima gunung akan diselenggarakan pada tanggal 20-22 Juli 2018 di Dsn Keron, Ds Krogowanan, Kec Sawangan, Kab Magelang, Prov Jawa Tengah.6. Cheng Ho Festival Dalam rangka menganang pelayaran bersejarah laksamana Cheng Ho dari China ke Indonesia, Pemprov Jateng bekerja sama dengan Pimpinan Kelenteng Tay Kak Sie, Sam Poo Kong, dan komunitas Cina Semarang akan mengadakan Festival Budaya Cheng Ho.Festival ini akan dimulai dengan doa dan ritual, pertnjukan seni, dan juga pawai budaya.Pawai budaya itu akan berlangsung dari Klenteng Tay Kak Sie dan berpindah ke Klenteng Sam Poo Kong.Festival budaya ini akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2018 di Semarang, Jawa Tengah.Buat kamu yang ingin belajar tentang budaya Tionghoa bisa datang ke festival ini. (*)