Grid.ID - Jakarta, 25 September 2018. Survey Demografi Kesehatan Indonesia tahun 2017 menunjukkan adanya penurunan penggunaan kontrasepsi modern pada segmen usia muda (15 – 29 tahun) secara signifikan sebesar 4 persen.
Hal ini juga berpengaruh kepada tingginya kehamilan remaja di Indonesia yang diperkirakan sampai dengan 500 ribu kehamilan remaja perempuan setiap tahunnya .
Rendahnya pengetahuan anak muda terhadap kesehatan reproduksi (KESPRO) dan kurangnya akses terhadap informasi yang akurat dan terpercaya tentang kontrasepsi disinyalir menjadi dua penyebab utama hal tersebut.
Baca Juga : Jadi Istri Orang Kaya,Ruang Tamu Hingga Dapur Dian Sastro Bikin Takjub
Untuk itu, dalam rangka menyambut Hari Kontrasepsi Sedunia yang diperingati setiap 26 September, DKT Indonesia sebagai pioneer pemasaran sosial dalam kontrasepsi yang membawahi brand Kondom Sutra, Fiesta, Supreme dan Kontrasepsi Andalan menyelenggarakan media gathering dengan mengangkat tema “Terencana Sejak Muda” untuk membangun kesadaran generasi millennials mengenai pentingnya pengetahuan akan kesehatan reproduksi secara menyeluruh.
Termasuk di dalamnya, penggunaan kontrasepsi modern untuk mencegah kehamilan usia dini pada pasangan muda yang menikah di bawah umur 24 tahun .
Berbicara tentang edukasi kesehatan reproduksi secara menyeluruh, Aditya A. Putra, Strategic Planning Manager DKT Indonesia menjelaskan bahwa saat ini DKT Indonesia memiliki dua sasaran edukasi utama, pasangan millennials yang lebih banyak diedukasi melalui media digital, juga edukasi yang menyasar pada siswa sekolah untuk meningkatkan pengetahuan mereka akan kesehatan reproduksi.
Baca Juga : Tak Perlu ke Dokter Gigi, Bersihkan Karang dengan 4 Bahan Alami Ini
“Millennials merupakan generasi yang digital minded, memiliki pandangan yang lebih terbuka dan menyukai informasi yang kekinian serta menarik. Untuk menyasar pasangan millennials dalam hal perencanaan keluarga, kami giat melakukan berbagai aktivitas digital yang dikemas secara menarik dan meaningful” ujar Aditya mengungkapkan.
“Saat ini, kami memiliki dua platform edukasi digital yaitu tundakehamilan.com sebagai sumber bagi millennial moms untuk mencari informasi tentang kontrasepsi secara akurat dan terpercaya; dan juga Moth3rs.com sebagai platform untuk mengedukasi pentingnya perencanaan secara general, mulai dari perencanaan finansial, pendidikan, dan lain sebagainya. Hingga saat ini, melalui dua platform tersebut kami telah menjangkau lebih dari 24 juta wanita Indonesia dalam hal edukasi keluarga berencana” lanjut Aditya.
“Pada sasaran remaja, kami juga melakukan penjangkauan ke sekolah dan universitas, yang telah dimulai sejak tahun 2017 lalu. Hingga sekarang, kami berhasil menjangkau lebih dari 22.000 mahasiswa/siswa di 11 universitas dan 125 SMA” ungkap Aditya menjelaskan.