Laporan Wartawan Grid.ID, Puput Akad
Grid.ID – Perusahaan teknologi Apple baru saja menyabet gelar Most Valuable Brand atau merek paling berharga di dunia pada periode tahun 2018 ini.
Apple menempati peringkat pertama, disusul oleh Google dan Amazon masing-masing di peringkat kedua dan ketiga.
Gelar ini menjadi gelar keenam yang diraih oleh produsen telepon genggam iPhone ini.
Baca Juga : Perbudakan Anak dan Hal yang Wajib Diketahui di Balik Raksasa Teknologi Dunia Macam Apple dan Microsoft
Tak hanya itu, tahun 2018 ini menjadi tahun keenam pula bagi Google sebagai runner up di belakang Apple.
Dilansir Grid.ID dari The Guardian, gelar tersebut diberikan oleh perusahaan konsultan merek ternama di dunia bernama Interbrand.
Tak hanya memberikan gelar kepada Apple, Interbrand turut merilis sebuah daftar berisi merek-merek yang menempati peringkat 10 besar paling berharga di dunia tahun ini.
Interbrand menganugerahi Apple sebagai merek paling berharga di dunia karena perusahaan tersebut memiliki nilai jual senilai 214 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 3.248 triliun.
Baca Juga : Google Ulang Tahun ke 20, Intip Perjalanannya di Indonesia yuk
Sementara itu, Google yang berada di posisi kedua ditaksir memiliki nilai sebesar 155 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 2.352 triliun.
Amazon yang menempati peringkat ketiga menjadi merek yang mengalami pertumbuhan paling cepat sepanjang tahun 2018.
Dikutip Grid.ID dari The Guardian, Amazon dapat berkembang pesat karena mampu mengembangkan bidang usahanya ke berbagai sektor.
Baca Juga : Aplikasi Snapchat Gandeng Situs Belanja Amazon dalam Fitur Terbaru
“Amazon telah menciptakan inovasi di hampir semua sector. Ia menghidupkan kembali Fire Phone menjadi Amazon Echo smart speaker, Amazon MP3 menjadi layanan musik Amazon Music Unlimited, bahkan pada tahun 2010 anak perusahaannya bergerak di bidang perfilman meraih penghargaan Emmy Award. Tak hanya itu, bidang usaha fashion milik Amazon saat ini menempati peringkat kedua terbesar di Amerika Serikat,” ungkap perwakilan Interbrand seperti dikutip The Guardian.
Sayangnya, beberapa merek diketahui mengalami penurunan sehingga terpaksa keluar dari daftar 10 besar merek paling berharga di dunia tahun 2018, di antaranya Tesla, Thomson Reuters, Moët & Chandon, dan Smirnoff.
Baca Juga : Mobil Ramah Lingkungan yang Lebih Hemat Energi daripada Garapan Tesla Motor
Berikut daftar lengkap dari Top 10 Most Valuable Brands tahun 2018 versi Interbrand.
1. Apple (214 miliar dolar AS atau Rp 3.248 triliun)
2. Google (155 miliar dolar AS atau Rp 2.352 triliun)
3. Amazon (101 miliar dolar AS atau Rp 1.533 triliun)
4. Microsoft (93 miliar dolar AS atau Rp 1.411 triliun)
5. Coca-Cola (66 miliar dolar AS atau Rp 1.001 triliun)
6. Samsung (60 miliar dolar AS atau Rp 910 triliun)
7. Toyota (53 miliar dolar AS atau Rp 804 triliun)
8. Mercedes-Benz (49 miliar dolar AS atau Rp 743 triliun)
9. Facebook (45 miliar dolar AS atau Rp 683 triliun)
10. McDonald’s (43 miliar dolar AS atau Rp 652 triliun) (*)