Find Us On Social Media :

Rekomendasi 5 Film Pendek YouTube yang Angkat Budaya Indonesia

By Alessandra Langit, Senin, 16 Agustus 2021 | 19:45 WIB

Tangkapan layar film Lemantun karya Wregas Bhanuteja

Parapuan.co - Menyambut Dirgahayu Republik Indonesia, ada banyak kebudayaan Tanah Air yang harus dirayakan. Bahkan sederet media film sudah mengangkatnya.

Tidak hanya dibioskop dan film berdurasi panjang, kini Kawan Puan bisa menemukan banyak rekomendasi film pendek YouTube tentang budaya Indonesia.

Pasalnya, kebudayaan Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke itu kini bisa kita saksikan dan kenali dengan lebih mudah melalui film pandek.

Kebudayaan tersebut bisa berupa tradisi keluarga sederhana atau cerita-cerita lokal yang menarik.

Lantas, cerita-cerita tersebut bisa menjadi salah satu cara mengisi waktu libur besok sekaligus merayakan kemerdekaan Indonesia. 

Baca Juga: 3 Rekomendasi Film Pendek YouTube; Tentang Impian, Keberanian, dan Kasih Sayang Tulus Perempuan

 

Maka itu, PARAPUAN telah merangkum beberapa rekomendasi film pendek YouTube yang membahas budaya dan kebiasaan unik masyarakat Indonesia. Apa saja, ya?

1. Lemantun (2014)

Film tugas akhir kuliah karya Wregas Bhanuteja ini mengangkat budaya warisan di keluarga Indonesia.

Tokoh ibu dalam film Lemantun membagikan warisan kepada lima orang anaknya. Warisan tersebut bukan berupa tanah, bukan berupa uang, tapi berupa lemari.

Musyawarah keluarga yang menjadi kebiasaan khas Indonesia juga menjadi sorotan utama dalam film ini.

Dibalut dengan bahasa Jawa, film ini merupakan tontonan yang hangat dan memperkenalkan kita dengan keunikan keluarga di Indonesia.