Find Us On Social Media :

Penting Dimiliki Setiap Pekerja, Ini 7 Manfaat Mengasah Soft Skill

By Ardela Nabila, Selasa, 14 Desember 2021 | 20:30 WIB

Parapuan.co - Memiliki kemampuan dalam bekerja memang sangat dibutuhkan.

Terutama kemampuan yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang dipilih.

Akan tetapi, bekerja tak hanya butuh hard skillmelainkan juga soft skill.

Di samping hard skill, terdapat soft skill yang tak kalah pentingnya untuk dikuasai oleh setiap karyawan.

Baca Juga: Agar Bantuan Tak Sia-Sia, Ini 4 Tips Memaksimalkan Skill Pelatihan Kartu Prakerja

Jika hard skill digunakan untuk menunjukkan bagaimana kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu, soft skill dibutuhkan untuk melihat bagaimana kamu bisa bekerja sama dengan orang lain.

Soft skill bisa membantu kamu membangun hubungan di tempat kerja dan menyelesaikan masalah, sehingga hard skill yang kamu kuasai pun hasilnya lebih maksimal.

Selain itu, berikut ini sejumlah alasan lainnya mengapa soft skill juga dibutuhkan di tempat kerja, seperti dikutip dari Indeed.

 

1. Menjaga hubungan

Soft skill tak hanya bisa mendukung hubungan kamu dengan orang di sekitar lingkungan kerja, tetapi juga menentukan kesuksesan kamu saat bekerja dengan klien dan rekan bisnis.

Pihak perusahaan biasanya akan mencari karyawan yang bisa dipercaya untuk mewakili perusahaan secara profesional dan ramah.

Soft skill dapat menunjukkan bagaimana kandidat yang melamar posisi yang dibutuhkan telah memenuhi kualifikasi yang dicari untuk membangun hubungan profesional.

 

2. Mengembangkan relasi

Beriringan dengan poin sebelumya, soft skill juga penting agar kamu bisa menciptakan dan mengembangkan relasi di tempat kerja.

Orang-orang yang memiliki keterampilan yang kuat biasanya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi yang memungkinkan mereka untuk mengembangkan relasi dengan cepat.

Dalam hal berbisnis, perusahaan tentunya membutuhkan orang dengan relasi profesional yang kuat.

3. Memfasilitasi pertumbuhan

Sebagian besar soft skill berkontribusi pada kemampuanmu untuk menggunakan keterampilan dengan baik.

Namun, selain itu, soft skill juga bisa membantu mengembangkan keterampilan atau hard skill yang kamu miliki dari waktu ke waktu.

Kemampuan untuk menerima dan menanggapi masukan dari orang lain tak hanya bisa membuatmu semakin berkembang, tetapi juga membuatmu lebih disukai oleh atasan.

Baca Juga: Bisa Dilakukan Sehari-hari, Ini 6 Cara Meningkatkan Soft Skill

4. Mengembangkan kepemimpinan

Memiliki kemampuan untuk memimpin dengan menunjukkan soft skill yang kamu miliki juga bisa menjadi nilai tambah kamu di mata perekrut atau pihak perusahaan.

Fokus pada soft skill menunjukkan bahwa kamu memiliki kebiasaan untuk mempertimbangkan bagaimana sikap kamu bisa memengaruhi orang lain di tempat kerja.

Hal ini merupakan bagian paling penting dari sikap kepemimpinan.

Seseorang yang kuat dalam soft skill memiliki kemampuan untuk menganalisis strategi kepemimpinan seperti apa yang timnya butuhkan agar bisa mencapai kesuksesan.

 

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Kemampuan untuk bersosialisasi bisa membantu kamu dalam menavigasi masalah di tempat kerja dengan kepercayaan diri.

Kepercayaan diri ini akan memengaruhi orang lain dan meyakinkan mereka tentang perspektif kamu dalam situasi profesional.

Memanfaatkan soft skill untuk membangun kepercayaan diri dapat membantu kamu berintegrasi ke dalam lingkungan tempat kerja mana pun.

6. Mengukur seberapa lama karyawan dapat bertahan

Ketika perusahaan ingin mempekerjakan karyawan, pihak perusahaan biasanya akan mencari tanda bahwa kandidatnya akan bertahan di perusahaan tersebut dalam jangka waktu lama.

Apabila kandidat tersebut menunjukkan bahwa mereka bisa berkembang di perusahaan tersebut, maka pihak perusahaan tak lagi perlu mencari pengganti kandidat tersebut dalam waktu dekat.

Soft skill seperti penyelesaian konflik, komitmen, dan motivasi bisa dijadikan patokan oleh perusahaan untuk menilai apakah karyawan ini bisa bertahan lama di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Simak! Program Magang Ini Beri Kesempatan Besar Bekerja di Luar Negeri

7. Mengukur teamwork

Jika kamu melamar pekerjaan yang merupakan bagian dari tim, biasanya pihak perekrut akan melihat bagaimana kamu bisa cocok dengan dinamika tim yang kamu lamar.

Di sinilah perekrut akan melihat bagaimana soft skill kamu, seperti teamwork dan keterampilan berkomunikasi, bisa cocok dengan tim yang membutuhkan tambahan anggota.

Walaupun kamu memiliki hard skill yang cukup hebat, kamu harus bisa bekerja sama dalam tim agar bisa bekerja secara efektif.

Kawan Puan, itulah sejumlah alasan mengapa soft skill juga diperlukan dalam bekerja.

Jadi, selain melatih dan mengembangkan hard skill, pastikan kamu juga fokus mengembangkan soft skill, ya!

(*)