Find Us On Social Media :

Pentingnya Memilih Sustainable Fashion, Salah Satunya Bantu Selamatkan Lingkungan

By Arintya, Kamis, 22 September 2022 | 13:37 WIB

Pentingnya memilih sustainable fashion.

Parapuan.co – Kawan Puan, apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar istilah sustainable fashion?

Sustainable fashion atau fashion berkelanjutan memang dalam beberapa tahun terakhir rmenjadi perhatian orang di seluruh dunia.

Hal tersebut dikarenakan industri fashion menempati urutan kedua sebagai penyumbang limbah lingkungan terbesar.

Dina Midiani, Director of Indonesian Fashion Chamber, pun membenarkah hal tersebut saat ditemui PARAPUAN di The Westin, Jakarta Selatan, pada Senin (19/9/2022).

Sustainable fashion itu sudah menjadi concern dunia. Kita tahu industri fashion itu penyumbang kedua terbesar limbah lingkungan. Salah satunya karena adanya tren fast fashion,” ungkap Dina Midiani, seperti dikutip dari PARAPUAN.

Sejalan dengan hal tersebut, tak heran jika gelaran Front Row Paris 2022 yang dihelat oleh Indonesian Fashion Chamber pada 3-4 September 2022 yang lalu juga mengangkat tema keberlanjutan.

Front Row Paris 2022 sendiri merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Indonesian Fashion Chamber untuk membukakan gerbang bagi desainer lokal guna merambah pasar Eropa.

Kegiatan tersebut melibatkan 17 desainer ternama Indonesia yaitu Ali Charisma, Deden Siswanto, Lisa Fitria, Lenny Agustin, NY by Novita Yunus, Rose.Ma.Lina x Sofie, Phillip Iswadono, Roemah Kebaya Vielga, LAELYIND, dan masih banyak lagi.

Para desainer Indonesia tersebut secara khusus menggunakan kain wastra Indonesia sebagai material bahan utama.

Baca Juga: Petani Ulat Sutra Eri Kian Punah: Tinggal 20 Petani yang Bertahan

Alasan Pentingnya Memilih Sustainable Fashion

Kawan Puan, Dina Midiani menambahkan bahwa selain fast fashion, ternyata membeli produk fashion yang sebenarnya tidak dibutuhkan juga menjadi salah satu penyumbang makin banyaknya limbah fashion bagi lingkungan.