Parapuan.co - Kawan Puan, ada berbagai keterampilan yang harus kamu miliki untuk mewujudkan kesuksesan karier, salah satunya adalah keterampilan sosial yang baik di tempat kerja.
Keterampilan sosial di kantor ini meliputi cara kamu membawa diri di tempat kerja serta bergaul dengan sesama rekan kerja dan atasan.
Keterampilan sosial ini kamu perlukan untuk membangun hubungan yang lebih kuat dan baik dengan rekan kerja di kantor, yang tentu saja bisa berpengaruh pada kesuksesan kariermu.
Nah, karena keterampilan ini tergolong penting di tempat kerja, ada baiknya kamu mengasah dan meningkatkan kemampuan satu ini, Kawan Puan.
Baca Juga: Bangun Networking Skala Kecil, Ini Tips Mencari Kerja untuk Introvert
Melansir dari situs The Balance Career, berikut PARAPUAN telah merangkum beberapa tips meningkatkan keterampilan sosial di tempat kerja.
1. Bertanya ke rekan kerja
Penting untuk memahami keterampilan apa yang kita miliki dan kemampuan mana yang harus kita tingkatkan.
Ini mungkin terasa tidak nyaman, tetapi pertimbangkan untuk bertanya ke rekan kerja terpercaya tentang hal ini.
Bertanya kepada rekan kerja bisa membantumu mengevaluasi pribadimu sendiri di tempat kerja.
2. Mengamati rekan kerja
Cara lain untuk meningkatkan keterampilan sosial ini adalah dengan mengamati rekan kerja.
Amati bagaimana cara mereka berinteraksi satu sama lain?
Seperti apa percakapan empat mata mereka dengan pelanggan (jika pekerjaan kamu berhubungan dengan pelanggan)?
Pelajari bagaimana rekan kerja kamu melakukan interaksi sosial.
3. Jadilah peniru
Kawan Puan, setelah kamu memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang dilakukan orang lain, cobalah mengadopsi kebiasaan baik mereka.
Contohnya tersenyum saat melewati rekan kerja ketika berpas-pasan di kantor dan masih banyak lagi.
4. Ubah kebiasaan tak acuh
Kawan Puan, jika kamu memiliki sifat cuek atau tak acuh maka ubahlah kebiasaan tersebut.
Untuk meningkatkan keterampilan sosial, kamu harus lebih peduli dengan lingkungan dan orang-orang disekitarmu.
Dengarkan dengan baik ketika ada orang yang berbicara kepadamu dan jangan lupa juga berikan response yang baik.
Baca Juga: Catat! Ini 7 Kebiasaan Perempuan Sukses yang Bisa Kamu Coba
5. Mengambil kelas
Kawan Puan, selain empat hal di atas, langkah lain yang dapat diambil untuk meningkatkan keterampilan sosial di tempat kerja adalah dengan mengikuti kelas atau kursus.
Misalnya kamu merasa masih kurang baik dalam berbicara maka ambilah kursus atau kelas untuk meningkatkan kemampuan berbicaramu.
Kamu juga dapat mengikuti kelas untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan dan keterampilan sosial lainnya yang mungkin ingin kamu pertajam.
Kamu bisa memanfaatkan berbagai kelas murah atau bahkan gratis yang bisa kamu akses secara online.
Nah, itu dia beberapa cara meningkatkan keterampilan sosial kamu di tempat kerja, Kawan Puan.
Semoga tips ini bisa bermanfaat ya!
Source | : | The Balance Careers |
Penulis | : | Vregina Voneria Palis |
Editor | : | Dinia Adrianjara |
KOMENTAR