Parapuan.co - Demotivasi saat bekerja memang kerap kita alami ya.
Faktor bekerja dari rumah membuat kita juga jadi tak semangat untuk bekerja.
Graheta Rara Purwasono, M.Psi., Psikolog, konselor aplikasi konseling karyawan Riliv menjelaskan kalau demotivasi adalah keadaan ketika Kawan Puan kehilangan semangat untuk melakukan sesuatu.
Kondisi ini menyebabkan segala aktivitas dan pekerjaan yang harus kamu lakukan menjadi terhambat.
Baca Juga: Muda dan Inspiratif, Ini Cerita Perjalanan Karier Gita Savitri Devi
Dampaknya, membuat produktivitas dan performa kerja menurun.
Graheta juga mengatakan kalau penyebab munculnya demotivasi saat bekerja pada setiap orang berbeda-beda.
“Demotivasi tidak terjadi tanpa alasan.
Makanya, walaupun terkesan sulit untuk bangkit dari demotivasi tapi masalah ini bisa Anda atasi," ujarnya.
Nah, untuk mengatasi rasa tak semangat saat bekerja ini, berikut 4 tipsnya.
1. Cari tahu penyebabnya
Cara pertama mengatasi demotivasi saat kerja adalah dengan mencari tahu sumber penyebab kamu merasa demotivasi.
Apakah karena Kawan Puan terlalu sering lembur dan beban kerja Anda yang luar biasa besar?
Atau mungkin penyebab kamu tidak semangat kerja karena merasa tidak nyaman dengan rekan kerja dan atasan?
Coba tanyakan kepada diri sendiri apa yang membuat kamu tidak semangat kerja.
Baca Juga: Lowongan Kerja BUMN Lulusan SMA dan D3 di PT Pelindo Daya Sejahtera
2. Isi ulang energi dengan cara yang tepat
Kapan terakhir kali kamu beristirahat?
Kurang istirahat atau tidak pernah me-time menjadi salah satu penyebab Kawan Puan mengalami demotivasi.
Jangan ragu untuk memanjakan dan mengizinkan diri untuk recharge energi setiap harinya selama 30 menit sampai 1 jam.
Isi ulang tenaga Kawan Puan dengan melakukan aktivitas yang kamu sukai misalnya dengan berolahraga, menonton film, atau mungkin mengobrol bersama teman atau pasangan.
3. Cari suasana baru
Menata ulang tempat kerja juga menjadi cara mengatasi demotivasi.
Selain itu, tata letak yang baru bisa menciptakan suasana baru.
Dampaknya, membuat mood dan semangat kerja menjadi lebih baik.
Baca Juga: Drakor Hospital Playlist Selipkan soal Jenjang Jabatan Fungsional Dokter, Apa Saja?
4. Tanyakan kepada diri sendiri, apa tujuan Kawan Puan bekerja
Coba ingat-ingat alasan kamu bekerja hari ini. Apakah untuk membiayai diri sendiri dan keluarga?
Atau karena kamu punya cita-cita tertentu yang ingin dicapai dari pekerjaan ini?
Dengan mengingat kembali tujuan Kawan Puan bekerja dan perjuangan yang harus dilalui untuk mendapatkan posisi atau pekerjaan, ini semua bisa membuat kamu kembali semangat kerja.
Semangat ya, Kawan Puan!(*)
Penulis | : | Tentry Yudvi Dian Utami |
Editor | : | Tentry Yudvi Dian Utami |
KOMENTAR