Parapuan.co - Dengan semakin berkembangnya industri kecantikan lokal, memberikan peluang yang manis bagi para pelaku usaha.
Bukannya tanpa alasan, diprediksi masyarakat akan lebih menyukai produk kecantikan lokal dibandingkan brand asing di tahun depan.
Perubahan perilaku konsumen ini pun bisa menjadi lampu hijau bagi Kawan Puan yang ingin membangun bisnis produk kecantikan berupa skincare, body care, maupun kosmetik.
Kendati demikian, mewujudkan bisnis kecantikan tak bisa dilakukan sembarangan.
Pasalnya, dalam menjalani bisnis kecantikan banyak hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan, mengingat kompetisi di industri ini semakin sengit.
Disampaikan oleh Affi Assegaf, pakar kecantikan dan Co-Founder Venas Consulting, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh para pelaku usaha di industri kecantikan seperti melansir dari PARAPUAN.
Menentukan Sasaran Pasar yang Sesuai
Seperti disampaikan oleh Affi, bahwa penting bagi pelaku usaha kecantikan pemula untuk mengenal audiens yang ingin disasar.
"Karena sekarang ini kan pasar kecantikan Indonesia itu kan luas sekali, tetapi pemainnya (pelaku usaha) juga udah banyak. Jadi kalau kita enggak tajem banget positioning-nya, misal mau target audience yang seperti apa, itu akan susah berkembangnya," ujar Affi mengingatkan.
Baca Juga: Ingin Wujudkan Ide Usaha Kecantikan, Ini 5 Tips Memilih Maklon Kosmetik
Bukannya tanpa alasan. Jika tak bisa menentukan sasaran pasar yang tepat, akan membuat para pelaku usaha kesulitan dalam mengarahkan strategi bisnis ke depannya.
"Ini (menentukan sasaran pasar) memang yang paling susah, tapi kalau sudah 'dapet' akan lebih mudah membuat strategi lainnya jadi lebih enak karena arahannya sudah jelas mau kemana," jelasnya.
Source | : | Parapuan |
Penulis | : | Citra Narada Putri |
Editor | : | Citra Narada Putri |
KOMENTAR