Grid.ID- Seperti dilansir Intisari Online, penulis terkenal Happiness at Work, Srikumar Rao, menjelaskan bahwa uang atau jabatan bukanlah kunci menuju kebahagiaan di tempat kerja.
“Hambatan terbesar untuk kebahagiaan adalah keyakinan Anda,” kata Rao.
Rao mengatakan, ada 10 cara yang simple agar menjaga diri kamu bahagia di tempat kerja
1. Do Your Best
Ketika sesuatu yang buruk terjadi, jangan menyalahkan diri sendiri.
Sebaliknya, ketika membuat kesalahan, sadarilah tanpa menilai.
“Lakukan apa yang harus Anda lakukan,” ujar Rao.
2. Belajar Menghadapi Masalah
Rao menyebutnya sebagai latihan ketahanan ekstrim.
Beberapa orang dapat dengan cepat mengatasi kesulitan, sementara orang lain bisa sangat lambat.
Tidak ada gunanya menuduh diri menjadi sia-sia.
“Praktek untuk melakukan hal-hal besar,” katanya.
BACA JUGA : Ingin Karier Lebih Lancar? Ini 3 Tips Untuk Jalin Hubungan Profesional Lewat LinkedIn
3. Jangan Cemburu
Cobalah untuk berpikir positif.
iri dengan rekan kerja. bukan solusi agar kamu menjadi lebih baik
4. Intropeksi Diri
Coba rekap ulang semua pekerjaan yang pernah kamu jalani.
Pelajari satu-satu kesalahan yang pernah kamu buat, agar tidak terulang lagi di masa mendatang.
5. Jangan Balas Dendam
Dendam atau menyimpan dengki terhadap atasan dan rekan kerja yang menyakiti kamu, hanya membuat kamu berbuat dosa.
Maafkan orang yang pernah menyakiti kamu.
Biarkan mereka yang mendapat ganjarannya.
6. Temukan gairah bekerja dalam diri Anda
Fokus pada pekerjaan Anda sekarang.
Galilah kemampuan sebanyak mungkin.
Anda bekerja untuk diri sendiri, alih-alih bekerja karena kebutuhan.
7. Penekanan pada proses, bukan hasil
Dikejar untuk mengejar target, memang membuat kamu tertekan.
Tapi coba nikmati saja prosesnya.
Proses adalah hal yang lebih penting dari hasil.
Dari sebuah proses, kamu bisa belajar untuk memperbaiki diri.
8. Jangan Mengkhayal
Biasanya seseorang berkhayal tentang pekerjaan yang ideal sesuai dengan pikiran mereka.
Pola pikir ini harus diubah sehingga tidak berbenturan dengan kondisi Anda sekarang ini.
9. Pekerjaan berat bukanlah beban, tapi latihan untuk pengembangan
Semakin tinggi jabatan yang kamu punya, akan semakin berat tugas yang harus kamu tanggung.
Jangan jadikan itu sebagai masalah.
Jadikan saja sebagai pelajaran untuk menjadi yang lebih baik di kemudian hari.
10. Tidak Egois
Walau kamu sama-sama bersaing dengan rekan kerja, jangan sampai ke-egoisan membuat kamu harus bertengkar dengan rekan kerjamu.
Pikirkan tentang orang lain.
Karena keberhasilan kamu juga ditentukan oleh orang-orang di sekitarmu.
sumber foto : pexels