Grid.ID- Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia kembali diselenggarakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Dyandra Promosindo sebagai organizer.
Acara ini juga menggandeng community partner yakni HijabersMom Community dan Hijabers Community.
Muslim Fashion Festival digelar pada tanggal 6-9 April 2017 lalu di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.
(BACA JUGA Sambut Jutaan Turis Muslim, Korea Selatan Siapkan 170 Restoran Halal, Apa Saja? )
Pada event ini, MNC Play dipercaya sebagai Official Broadband Partner yang menyediakan internet untuk seluruh pengunjung yang datang.
“Dunia fashion muslim Indonesia saat ini mulai menjadi kiblat fashion muslim dunia."
"Pencapaian tersebut tidak luput dari hadirnya dunia digital dan internet yang mendukung para penggiat fashion untuk memasarkan produk mereka ke dunia luar."
"Hadirnya MNC Play dalam acara ini adalah untuk memperkenalkan layanan ini kepada penyelenggara dan pengunjung,” ucap Wahyu Samudro, Retail Sales Division Head MNC Play dalam keterangannya kepada wartawan Grid.ID.
(BACA JUGA Busana Muslimah Umrah Syahrini dan Ashanty, Mana yang Lebih Kamu Suka? )
MUFFEST Indonesia 2017 menggelar rangkaian fashion show yang menampilkan keragaman karya desainer dan brand fashion muslim di Indonesia sesuai Indonesia Trend Forecasting (Muslim Fashion Trend) 2017/2018.
Dengan mengusung tema "Smart, Young & Ethical Generation", MUFFEST Indonesia 2017 tak hanya memberi kesempatan bagi desainer senior.
Mereka juga mengajak desainer muda sebagai generasi penerus untuk menawarkan warna baru dalam industri fashion muslim di Indonesia.
Mulai dari brand dan desainer muda hingga senior dengan karakter rancangan yang beragam: gaya konvensional, kontemporer, dan syar’i.
“Sebagai event yang ditargetkan menjadi barometer fashion muslim global, Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia 2017 mengarahkan pada kompetensi produk muslim fashion Indonesia agar dapat bersaing di pasar dunia."
(BACA JUGA Keturunan Palestina Belanda, Ini Kisah Keluarga Supermodel Bikini Muslim Dunia Gigi-Bella Hadid )
"Sekaligus memasarkan keunggulan muslim fashion Indonesia melalui ready to wear craft fashion."
"Caranya dengan mengoptimalkan kekayaan budaya lokal yang mengacu pada Indonesia Trend Forecasting,” ujar Zulfa Khoirani, Ketua Pelaksana MUFFEST Indonesia 2017.
Rangkaian fashion show MUFFEST Indonesia 2017 dibuka oleh parade desainer Indonesian Fashion Chamber (IFC).
Kemudian, Wardah Inspiring Beauty, brand kosmetika halal sebagai Official Make Up MUFFEST Indonesia 2017 mempersembahkan fashion show bertajuk "Wardah Youniverse".
Wardah menampilkan desainer Irna La Perle, Deden Siswanto, Rani Hatta, dan Annisa Hasibuan.
(BACA JUGA Oki Setiana Dewi Wakili Indonesia di Muslim Exchange Program (MEP) Indonesia - Australia )
Selain itu, audisi model NEXT FACE MUFFEST 2017 yang diselenggarakan oleh Wardah telah memilih sang pemenang yaitu Salsabella Kanzu, dan menobatkan Nada Indah Puspita sebagai ikon MUFFEST Indonesia 2017.
Shafira Corporation (Shafco) menyuguhkan fashion show bertema “Lebaran Bersama SHAFIRA”.
Brand Zoya di bawah naungan Shafco mendukung kompetisi skala internasional Modest Young Design Competition (MYDC).
Para pemenangnya berkesempatan mengikuti pameran dagang Hong Kong Fashion Week dan kontrak kerja sebagai desainer brand Zoya.
Telah terpilih 15 Finalis yang menampilkan kreasinya dalam acara Grand Final MYDC untuk menentukan para pemenang kompetisi ini.
(BACA JUGA Resepsi Pernikahan Adik Bertema Princess Muslimah, Oki Setiana Dewi Jadi Teringat Kejadian ini! )
Adapun Elhijab mempersembahkan fashion show bertema "Kreasi Bagi Negeri" yang menampilkan koleksi dari brand DAUKY fashion hijab, elzatta hijab, ZYRA Syar`i by Najua Yanti, dan Aira Wedding by Nina.
Sementara perusahaan e-commerce JD.id mempresentasikan koleksi D2i by IFC, yaitu desainer Ina Priyono, Kiki Mahendra, Deden Siswanto, Eugene, Lia Mustafa, Defika Hanum, Syukriah, Kivitz, Zelmira, dan R.Tre by Sofie.
MUFFEST Indonesia 2017 juga menampilkan show tunggal brand si.se.sa bertema "PopNimes".
Ditampilkan pula show karya para desainer yang tergabung dalam Hijabersmom Community dengan tema "Jardin de Fleurs".
Lalu ada show dari Ikatan Perancang Busana Muslim Indonesia dengan tema "De Formation"
(BACA JUGA 5 Busana Hijab Abaya Muslimah Syahrini Saat Umrah yang Jadi Favorit Netizen)
Sementara show dari Indonesia Modest Fashion Designer punya tema “Proloque”.
Ada pula show dari Islamic Fashion Institute dengan tema "Metanoia".
Parade desainer Hannie Hananto, Sofie, Monika Jufry, Najua Yanti, dan Barli Asmara menutup perhelatan ini.
MUFFEST 2017 tersebut menyediakan pula area exhibition (pameran dagang) yang menampung 200 desainer/brand fashion muslim untuk memasarkan produknya.
Pameran dagang tersebut memperkuat konsep ritel atau B2C (Business to Customer) sekaligus mengarah pada B2B (Business to Business) untuk konsumen ritel maupun pembeli dalam negeri serta manca negara.
(BACA JUGA Belanga Wastra, Koleksi Busana Muslim Motif Tenun Batik Nusantara 2017 dari Kamilaa by Itang Yunasz)
Tak sekadar menampilkan fashion show dan exhibition (pameran dagang), MUFFEST Indonesia 2017 dilengkapi dengan kegiatan inspiratif dan interaktif.
Kegiatannya berupa talk show, seminar, dan kompetisi.
Antara lain seminar Indonesia Trend Forecasting 2017/2018 bertema “Grey Zone” yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).
Ada pula talk show “Istanbul The Global Modest Fashion Gate of Indonesia” yang didukung oleh Kementerian Luar Negeri, KJRI Istanbul, dan Thing Fashion.
Buat calon pengusaha, ada talk show tentang Entrepreneurship dan Beauty Competition oleh Wardah.
(BACA JUGA Wuih Indahnya Busana Muslim di Chechnya, Wilayah Mayoritas Muslim di Rusia )
Sementara talk show “Sarung is My New Denim” diselenggarakan oleh Multi Sandang.
Dan yang tak kalah menarik, sejumlah Selebram turut meramaikan MUFFEST 2017 melalui acara "Shopping Race with Selebgram” oleh Wardah dan “Mix & Match with Selebgram” oleh Encyclo.
Penyelenggaraan MUFFEST Indonesia 2017 tersebut tak lepas pula dari dukungan pihak pemerintah, yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata, dan Badan Ekonomi Kreatif. (*)
3 Bulan Nunggak SPP, Siswa SD Duduk di Lantai Jadi Tontonan Teman Sekelas, Pagi sampai Siang Tak Boleh Duduk di Bangku