Grid.ID-Sesuai prediksi, kenaikan trafik layanan Data di hari Lebaran Idul Fitri 2017 dialami oleh operator XL.
Dalam periode 20-27 Juni 2017 atau H-5 hingga H+2 Lebaran, tercatat terjadi kenaikan trafik layanan Data hingga 15% dibandingkan hari-hari biasa.
Kenaikan ini meningkat 218% dibandingkan trafik di periode yang sama tahun lalu.
Kenaikan trafik ini terutama didorong oleh meningkatnya aktivitas akses ke layanan Data oleh pelanggan dibandingkan hari-hari biasa.
(Baca : Totok Langsing Kurangi Lemak Perut Karena Asupan Makanan Berlemak, Jangan Kaget Prosesnya Sakit Lho )
Selain itu, juga akibat dari perluasan layanan 4G LTE dan 3G U900 di berbagai daerah.
Direktur XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, “Hingga saat ini hampir tidak ada gangguan yang berarti terjadi di jaringan kami untuk semua jenis layanan, baik Data, SMS, juga voice, meski terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan."
"Semua persiapan kami telah berjalan sesuai dengan rencana, termasuk mengenai penambahan kapasitas jaringan hingga 2x lipat.”
(Baca : Ngisi Video Klip Rafathar Tanpa Dibayar, Melly Goeslaw Bilang Sudah Biasa )
Menurut Yessie, layanan Data kembali mendominasi kenaikan trafik.
Bentuknya, pelanggan secara lebih aktif mengakses berbagai jenis layanan Data, terutama media sosial (medsos) berbagai platform.
Kenaikan trafik Data di periode Lebaran juga terjadi sesuai dengan trend pemakaian layanan Data untuk berkomunikasi dan berkirim pesan, baik dalam format text, voice, video call, maupun multimedia.