Grid.ID - Bekerja sebagai seorang seleritis tidak akan selamanya mendatangkan keuntungan.
Apalagi mereka tidak mendapat gaji bulanan seperti para pekerja biasa. Selain itu, kepopuleran tidak pernah bisa diprediksi.
Suatu hari mereka bisa berada di puncak, suatu hari bisa berada di bawah atau bahkan meredup.
Mengatasi hal ini, beberapa artis Korea melakukan hal lain untuk mendatangkan keuntungan tetap dengan cara berbisnis.
REVIEW FILM – Baby Driver: Bagaikan Musik Video dengan Durasi Selama 112 Menit | Grid.ID https://t.co/nqh94Oiilt
— Grid.ID (@grid_id) August 28, 2017
(BACA: Bikin Haru, Inilah Kisah 17 Agustusan Al dan Prilly, Bareng Mantan Pejuang Kemerdekaan)
1. Jessica Jung
Eks anggota Girls’ Generation ini sudah terkenal dengan gaya fashionnya.
Pada tahun 2014, ia meluncurkan merek fashion Blanc & Eclare yang fokus pada pakaian dan kacamata.
Jessica yang tidak hanya terkenal di Korea, tapi juga di Tiongkok, berencana memperluas bisnisnya ke seluruh dunia.
2. Hong Seok Cheon
Hong Seok Cheon sudah memiliki 11 restoran dan bar di Itaewon, dan menyajikan menu dari berbagai negara.
Restoran dan bar yang ia miliki selalu ramai dan terkenal di kalangan selebriti Korea.
Restorannya selalu diawali dengan “My”, seperti My Hong, My Sweet, My Thai, My Chelsea, dan My Suji.
Meski telah mengalami berbagai trial and error, Hong Seok Cheon tidak menyerah, dan bisnisnya justru menjadi sukses.
Ia juga terkadang masih suka melayani sendiri pelanggan restorannya.
Bikin Haru, Inilah Kisah 17 Agustusan Al dan Prilly, Bareng Mantan Pejuang Kemerdekaan | Grid.ID https://t.co/iDia3AVpvr
— Grid.ID (@grid_id) August 17, 2017
(BACA: Idih Nggak Disangka, Ternyata IU Lakukan Mitos Ini Supaya Rambutnya Bisa Cepat Panjang)
3. G-Dragon BIGBANG
Selain memiliki kafe dan resort, G-Dragon meluncurkan PEACEMINUSEONE pada tahun 2016.
Semua item yang ia jual langsung habis dalam sekejap setiap diluncurkan.
Sudah tidak diragukan lagi menjadi ikon fashion top Korea yang diakui dunia, brand fashion milik G-Dragon menjadikan ia tidak perlu khawatir lagi dengan masa depan.
Ditambah pula dengan kepopulerannya dengan grup BIGBANG yang masih belum pudar.
4. HaHa
Penyanyi HaHa yang juga terkenal sebagai anggota variety show Running Man ini memiliki berbagai bisnis, tapi yang paling populer adalah restoran barbecue Korea di Hongdae.
Restoran ini sudah menjadi daftar restoran yang harus dikunjungi oleh warga lokal dan selalu penuh.
Selain restoran, HaHa juga merupakan CEO QUAN Entertainment.
2 Jam Mengintip Kehidupan Pemadam Kebakaran, yang Pantang Pulang Sebelum Padam | Grid.ID https://t.co/vD3nNpAYSF
— Grid.ID (@grid_id) May 14, 2017
5. Seungri BIGBANG
Seungri mengawali bisnisnya dengan memiliki akademi tari Joy Dance-Plug In Music Academy atau yang lebih dikenal dengan “Seungri Academy”.
Namun berdasarkan pengakuannya, akademi tersebut sudah ditutup setelah seorang murid dan pengajarnya saling jatuh cinta.
Kini ia memiliki lounge pribadi yang bahkan menyajikan sampanye seharga lebih dari 8 juta won (sekitar 94 juta rupiah).
Selain memiliki kafe dan restoran, ia juga berinvestasi untuk sebuah brand kosmetik medis dan masih akan terus memperluas bisnisnya.
6. Hong Jin Kyung
Model, komedian, dan anggota “Unnies” dari acara variety show KBS Sister’s Slam Dunk ini menjual kimchi buatannya melalui pusat perbelanjaan daring sejak 2003.
Bisnisnya kemudian berkembang hingga akhirnya ia diberikan channel home shopping sendiri untuk menjual kimchi buatannya.
Setelah itu ia membuat pabrik kimchi yang mendatangkan keuntungan hingga 40 miliar won berdasarkan penjualan kumulatif.
5 Kisah Nyata Boneka Berhantu yang Lebih Seram dari Film Annabelle
— Grid.ID (@grid_id) August 13, 2017
https://t.co/fNXF0UN3uU
7. Lee Chun Hee
Aktor yang pernah bermain dalam drama Dating Agency: Cyrano ini awalnya membuat furnitur untuk bayi, seperti kursi, untuk anak perempuannya.
Hasil karyanya itu mendapat pujian keluarga dan teman-temannya.
Kemudian ia akhirnya membuka workshop untuk dirinya sendiri mengerjakan furnitur yang lebih banyak.
Furnitur buatan aktor yang pernah melakukan variety show Family Outing ini kemudian dijual hingga akhirnya menjadi bisnis yang tidak hanya terbatas pada furnitur untuk bayi.
Perusahaannya yang bernama HIBROW menjual furnitur untuk gaya hidup luar ruangan, seperti piknik dan berkemah. (*)
Inilah Wajah Pemenang Lomba Mirip Nicholas Saputra, Kantongi Rp500 Ribu, Mata dan Hidung Plek Ketiplek?