Grid.ID – Tidak bisa dipungkiri, minat masyarakat Indonesia untuk belanja online semakin hari semakin meningkat.
Apalagi kids jaman now alias generasi millennia yang kini semakin akrab menghabiskan uangnya untuk membeli barang kebutuhan dan keinginan hanya dari layar gadgetnya.
Belanja online dinilai lebih efektif dan efisien ketimbang berbelanja di toko konvensional atau pusat perbelanjaan secara langsung.
Nah, tingginya minat masyarakat akan belanja online memicu munculnya berbagai online marketing atau e-commerce yang menawarkan berbagai promo menarik untuk membantu masyarakat belanja dengan lebih cermat.
(Papa Kerja Mama Shopping! Gaji Bulanan Amblas Tak Bersisa, Suami Ini Nekat Lapor Polisi)
Bahkan tak tanggung-tanggung, pelaku e-commerce di Indonesia pun menciptakan berbagai macam festival belanja online/ peringatan hari belanja online pada waktu-waktu tertentu.
Sebut saja Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh setiap tanggal 12 Desember atau Online Revolution yang akan dilaksanakan pada 11-11 mendatang.
Nah, pada tanggal tersebut, beberapa e-commerce menawarkan beragam promo menarik dan menggiurkan untuk masyarakat Indonesia.
Jangan gampang tergoda dulu, pasalnya ternyata, tidak hanya Indonesia saja yang memiliki festival belanja online. Beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand dan Taiwan pun memiliki pun memiliki festival belanja online dengan sebutan berbeda, yakni Singles’ Day, Online Revolution, Festival Belanja Online, Black Friday, dan Cyber Monday.
Namun, apa sih sebenarnya perbedaan dari keenam istilah festival hari belanja online terbesar yang ada di Indonesia tersebut?
ShopBack, sebagai platform ecommerce kurator yang sudah bekerja sama dengan lebih dari 170 e-commerce di Indonesia memanfaatkan Google Adwords Keyword Planner untuk mencari tahu secara mendalam mengenai apa yang sebenarnya dicari oleh pelanggan berkaitan dengan festival belanja online tersebut.
Berikut informasi yang berhasil dilansir Grid.ID setelah dihimpun Shopback khusus hanya yang ada di Indonesia.
1. Online Revolution
Festival belanja online selanjutnya adalah Online Revolution yang muncul di tahun 2012 dengan Lazada Indonesia sebagai pelopor kampanye belanja online nasionalnya, sehingga istilah Online Revolution sendiri lebih popular jika dibandingkan dengan Singles’ Day di Indonesia. Maka tidak heran kalau dalam segi penjualannya sendiri, Online Revolution berhasil mencapai angka USD 40 miliar transaksi di tahun 2016 dan menduduki Top 10 Keywords. Sama halnya dengan Singles’ Day, Online Revolution juga diperingati setiap tanggal 11 November.
2. Festival Belanja Online
Tidak ketinggalan juga ada Festival Belanja Online yang dimulai pada tahun 2014 yang didirikan atas dasar kerjasama para penggiat industri e-commerce di Indonesia.
Menariknya, acara tahunan ini turut mendapatkan dukungan dari UNICEF pada Festival Belanja Online tahun 2015.
Festival Belanja Online ini sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan selama satu minggu setiap tanggal 23-30 November.
Festival yang diikuti oleh 75 partisipan ini memiliki total transaksi penjualan tiga kali lebih besar daripada penjualan biasanya berkat promo potongan harga hingga 90 persen yang ditawarkannya.
3. Hari Belanja Online Nasional
Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) lahir pada tahun 2012, dan dikenal sebagai event yang lahir di tanggal unik, yaitu 12-12-12 sekaligus dikenal sebagai puncak festival belanja online terbesar di Indonesia.
Meskipun di awal kemunculannya event ini hanya diikuti oleh 7 e-commerce, saat ini sudah lebih dari 72 e-commerce yang ikut bergabung dalam Harbolnas. Total transaksi penjualanya sendiri berhasil mencapai angka USD 235 juta di tahun 2016.
Faktanya, jika dilihat berdasarkan riset yang telah dilakukan Shopback, ditemukan hasil yang menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia lebih tertarik pada Hari Belanja Nasional (Harbolnas) dibanding dengan hari belanja online lainnya.
Hal ini ditunjukkan dari data statistik pencarian terhadap keyword “Harbolnas” yang semakin tinggi setiap tahunnya.
5 Makanan Khas Singapura yang Wajib Kamu Coba, Ada Hainanese Chicken Rice hingga Kepiting Pedas!