Grid.ID - Travellers sejati?
Wego, salah satu mesin pencarian wisata paling lengkap di dunia memuat perbandingan data real-time dari jasa penerbangan, tarif hotel, serta ketersediaan tempat milik ratusan situs perjalanan wisata terkemuka yang dikemas dalam satu tampilan layar yang simpel.
Wego memberikan rekomendasi harga terbaik, waktu terbaik, tanggal terbaik, dan maskapai terbaik untuk suatu tujuan wisata di situs Wego.
Rekomendasi ini dapat pengguna temukan di halaman hasil setelah melakukan pencarian tiket pesawat melalui situs Wego.
Semua rekomendasi ini berlaku hingga 3 bulan ke depan sehingga pengguna dapat lebih fleksibel dalam merencanakan perjalanan.
Selain merupakan situs dan aplikasi wisata terdepan di Asia, Wego juga mengembangkan strategi pemasaran bersama badan pariwisata dari berbagai negara untuk mempromosikan destinasi wisata mereka kepada masyarakat Asia Tenggara, khususnya Indonesia.
Wego telah mendukung sejumlah dewan pariwisata nasional sejak 2014, dan kerja sama sejenis masih berlanjut hingga saat ini.
Pada kuartal pertama 2019, Wego telah melakukan kampanye destinasi dengan Visit Britain.
Kampanye ini adalah serangkaian kegiatan promosi destinasi dan festival di Inggris sebagai tujuan wisata.
Kampanye ini berlangsung dari Januari hingga Maret 2019.
Untuk merangkul pasar wisatawan milenial, Wego menerapkan strategi digital awareness, digital activation, content marketing, dan offline activation untuk mempromosikan destinasi dan acara unggulan Visit Britain.
Offline activation yang akan Wego dan Visit Britain lakukan adalah berpartisipasi di Lalalafest 2019 dan menggelar acara Wego Hangout dengan tema "Travel Fun to UK".
Kedua acara tersebut menghadirkan kontes-kontes menarik untuk wisatawan milenial, seperti "Best UK Costume Contest" di Lalalafest 2019 yang berlangsung tanggal 23 Februari 2019 dan "Travel with Fun Instagram Contest" pada Maret 2019 (diadakan setelah acara Wego Hangout).
Untuk kegiatan aktivasi tersebut, Visit Britain dan Wego telah menyiapkan hadiah tiket pesawat Jakarta-London-Jakarta untuk 2 pemenang "Best UK Costume Contest" Lalalafest 2019, serta total hadiah sebesar Rp10.000.000,00 untuk 3 pemenang "Travel with Fun Instagram Contest".
Informasi lebih lanjut tentang kedua kontes tersebut dapat dilihat di media sosial Wego.
Sekedar informasi, sejak berdiri pada tahun 2005, aplikasi Wego telah diunduh lebih dari 5 juta kali di seluruh dunia dan berada di peringkat 4.5/5 di Google Play Store.
Catatan ini menunjukkan bahwa Wego telah menjadi salah satu aplikasi perjalanan terbaik untuk penawaran tiket pesawat dan hotel di dunia.
Wego berkomitmen untuk menjadi solusi satu atap bagi para wisatawan yang ingin mendapatkan harga tiket pesawat dan hotel terbaik.
Pengalaman sempurna dalam membandingkan harga dari berbagai sumber, serta memesan langsung di dalam aplikasi Wego, sejalan dengan slogan “Cari penawaran terbaik hanya dengan satu klik”.
Wego telah hadir di lebih dari 62 negara dan menyediakan layanan dalam bahasa serta mata uang lokal.
Pada skala global, Wego memiliki lebih dari 750 meta-partners di seluruh dunia.
Saat ini, Wego memiliki 2 kantor pusat, yaitu di Singapura dan Dubai.
Wego juga memprioritaskan Indonesia sebagai pasar utama, di mana pusat kegiatan pemasaran di seluruh Asia Tenggara berlangsung.
Wego Indonesia telah bekerja sama dengan beberapa pemain Agen Perjalanan Daring (Online Travel Agent atau OTA) besar, seperti Tiket.com, Nusatrip, 1 Pegi-pegi, dan Arena Tiket.
Tidak hanya itu, Wego juga bekerja sama dengan sejumlah maskapai ternama Indonesia, seperti Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, dan TransNusa.
Kerja sama tersebut telah berlangsung baik dan Wego akan terus mencari rekanan dalam bentuk OTA, maskapai penerbangan, dan jaringan hotel mancanegara.
Selama dua tahun terakhir, Wego mencapai pertumbuhan positif dalam hal jumlah pengunjung dan pemasangan aplikasi di Asia Tenggara.
Di tahun 2018, total pengunjung Wego meningkat 42% YoY (Year Over Year), dengan rincian: di Indonesia meningkat 78% YoY, di Singapura meningkat 16% YoY, dan di Malaysia meningkat 38% YoY.
Selain itu, jumlah pemasangan aplikasi Wego di Asia Tenggara juga meningkat sebesar 198% YoY, dengan rincian: di Indonesia meningkat 250% YoY, di Singapura meningkat 80% YoY, dan di Malaysia meningkat 160% YoY.
Dari segi basis pengguna, Wego telah dikenal oleh kaum muda dan pengguna teknologi pada kisaran 18 - 34 tahun (Wisatawan Millenial).
Para wisatawan milenial tidak hanya ingin pergi ke suatu tempat, tetapi juga ingin mencari pengalaman baru dan kesenangan lain saat melakukan perjalanan.
Dengan alasan ini, Wego berusaha lebih jauh, dari hanya membandingkan harga tiket pesawat dan hotel, sampai menciptakan fitur baru yang disebut "Penawaran Eksklusif".
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui promosi-promosi terkait perjalanan, mulai dari harga spesial tiket pesawat, diskon hotel, voucher restoran, hingga paket spa.
Tingkat engagement rata-rata untuk fitur ini adalah di atas 40%, yang menunjukkan bahwa pengguna Wego tertarik untuk mengetahui informasi penawaran atau promosi terkait perjalanan di aplikasi mereka.
Selain itu, Wego juga menyediakan pilihan akomodasi alternatif bagi para wisatawan milenial yang memiliki selera unik.
Terdapat penyewaan rumah, villa, dan vacation rental dari situs pemesanan akomodasi terbaik, seperti Airbnb, Rakuten, dan Booking.com.
Wego percaya bahwa menampilkan sebanyak mungkin informasi terkait harga adalah hal penting yang harus dilakukan untuk membantu wisatawan merencanakan perjalanan.
(*)
Thariq Halilintar Bantah Isu Belum Move On dari Fuji Usai Kepo Postingan Aisar Khaled, Kini Klarifikasi
Penulis | : | None |
Editor | : | Dianita Anggraeni |