Laporan Wartawan Grid.ID, Andika Thaselia Prahastiwi
Grid.ID - Jangan-jangan selama ini kita jadi korban siasat restoran?
Millenials memang paling hobi kalau makan di luar.
Makan di luar bareng teman-teman, lalu foto-foto dan diunggah ke Instagram masing-masing.
Nggak cuma sekali, kadang kita datang ke restoran yang sama berkali-kali.
( BACA JUGA: Pakai Kursi Roda di Usia 4 Tahun, Wanita Ini Raih Prestasi Dunia )
Ada hal yang bikin kita ketagihan saat makan di restoran.
Entah suasananya yang enak, hidangan yang lezat, atau bahkan harganya yang pas di kantong.
Yakin cuma karena itu aja?
Dilansir Grid.ID dari Reader's Digest, ternyata restoran memang melakukan trik-trik tertentu agar pelanggan ketagihan untuk berkunjung.
( BACA JUGA: Bosan? Mending Makan Cadbury 5Star, Sensasi Karamelnya Bikin Kamu Nggak Mau Udahan! )
Ternyata, restoran memakai trik psikologi agar kita selalu tertarik untuk datang kembali.
Wah, kira-kira trik apa aja ya?
1. Siasat harga dalam menu
Ternyata ada profesi yang namanya konsultan menu lho!
( BACA JUGA: Aww Lucunya! Kucing-kucing Ini Berpose Ala Cover Album Terkenal, yang Terakhir Sangar Abis )
Menu hidangan restoran harus dipikirkan dengan matang dan memiliki keterkaitan dengan konsep yang diusung oleh restoran.
Dan yang paling penting adalah masalah harga.
Semakin sedikit digit yang ditampilkan pada daftar harga, maka akan lebih besar kemungkinannya menu tersebut untuk laku.
Sebagai contoh, menu dengan harga Rp 20k akan lebih terlihat murah daripada Rp20.000,00.
( BACA JUGA: Yuk Intip 5 Cara Diet ala Artis Cantik Kareena Kapoor )
2. Permainan warna
Penggunaan warna-warna hangat seperti merah, kuning, dan oranye sangat berpengaruh terhadap psikologi pengunjung.
Warna-warna hangat bisa membuat pengunjung semakin merasa lapar.
Dan saat merasa lapar, seseorang selalu ingin makan makanan yang hangat dan enak.
( BACA JUGA: Hadiri Gala Premiere Film Ayat-Ayat Cinta 2, kok Baju Bunga Citra Lestari Bikin Netizen Salah Fokus dan Heboh? )
Itulah mengapa gerai makanan cepat saji menggunakan warna-warna hangat dalam produk mereka.
Berbanding terbalik dengan warna-warna hangat, warna dingin seperti hijau, biru, dan ungu akan membuat pengunjung cepat merasa kenyang.
Buat yang diet, boleh loh pergi ke restoran dengan interior warna-warna dingin.
3. Penempatan hidangan dalam daftar menu
( BACA JUGA: Ditunjuk Sebagai Model Oleh MUA Kondang Bennu Sorumba, Kahiyang Ayu Merasa Terharu )
Biasanya, makanan-makanan yang menjadi favorit seperti makanan penutup akan diletakkan di bagian kanan menu.
Ini adalah trik karena saat membuka menu mata kita akan secara otomatis melihat menu yang terletak di sebelah kanan terlebih dahulu.
Menu-menu di sebelah kiri biasanya adalah makanan-makanan yang tidak terlalu menarik, contohnya salad dan menu serba sayur lainnya.
Waduh, ternyata siasatnya jeli banget.
( BACA JUGA: Bos JYP Entertainment Ulang Tahun, GOT7 Beri Kejutan Seperti Ini! )
Udah merasa jadi korban? (*)
Source | : | Reader's Digest |
Penulis | : | Nindya Galuh Aprillia |
Editor | : | Nindya Galuh Aprillia |