Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Suminar
Grid.ID - Tahun 2017 tidak terasa sudah hampir berakhir.
Tahun di mana generasi millenials menghiasi isu soal gaya hidup dan perkembangan tren saat ini.
Di era millenials seperti sekarang, perkembangan dunia digital dan fashion semakin pesat setiap tahunnya.
Tanpa disadari, dunia digital dan fashion saling berkaitan satu sama lain untuk membawa nama Indonesia ke arah yang lebih baik.
(Tampil dengan Gaya Fashion Seperti Ini, Rihanna Ternyata Juga Promosi Produk Makeupnya!)
Karena itu, untuk pertama kalinya Digital Fashion Week Jakarta tahun 2017 (DFW JKT 2017) hadir di Indonesia.
Setelah berhasil selama 5 tahun berjalan di Singapura dan Thailand, kali ini Digital Fashion Week Jakarta tahun 2017 resmi dimulai di Plaza Indonesia, Jakarta pada Rabu, 13 Desember 2017.
Charina Widjaya selaku Managing Director DFW Creative merasa senang dan bangga dapat menyelenggarakan DFW di Jakarta.
"Kami sangat senang akhirnya dapat menggelar edisi pertama DFW JKT 2017 hari ini. Kami bangga mempersembahkan talenta- talenta hebat, brand dan pakar dari berbagai belahan dunia untuk berbagi karya dan kisah sukses mereka dengan para penggiat fashion penting di Indonesia”, kata Charina Widjaya, Managing Director DFW Creative, pemilik dan penyelenggara DFW saat ditemui dslsm pembukaan DFW JKT 2017 di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (13/12).
(Ini Harapan Jenahara Terhadap Pemerintah Tentang Industri Fashion Indonesia)
Tidak jauh beda dari pekan fashion lainnya, DFW JKT 2017 menampilkan sederet talenta dan kreasi fashion terpilih dari berbagai negara termasuk Perancis, Italia, Afrika Selatan, Australia, Thailand, Singapura dan Indonesia.
Digital Fashion Week Jakarta 2017 yang pertama kali diselenggarakan ini menampilkan brand dan
disainer internasional dari berbagai negara dan nasionalitas, yang dikurasi dengan teliti.
(Koleksi Busana Uniseks Gaya Sporty Rancangan Desainer Rani Hatta di Jakarta Fashion Week 2018)
Di antara para disainer tersebut, beberapa nama kondang akan tampil dengan panggung runway tunggal, yaitu: Harry Halim (Paris), Chu Suwannapha (South Africa), Betty Tran (Australia), David Tlale (Afrika Selatan), Michelle Surjaputra (Lotuz, Indonesia) dan Mariano Ippolito (IT’s Lifestyle, Italy).
Raffles Design Institute juga akan menampilkan panggung runway kolektif karya dari beberapa lulusan terbaik mereka dari dua negara, yaitu: Paul Nataphol and Witchaya dari Thailand, serta Inge Kiang (Ink Studio), Adelyn Putri (Nude Femme) dan Shannon Sutiono dari Indonesia.
Digital yang diusung DFW JKT 2017 ini adalah dimana peragaan busana ini dapat disaksikan melalui live streaming di website, Facebook, dan Youtube Digital Fashion Week.
Sehingga siapapun dapat menonton dan juga interaksi dengan DFW.
Program see now, buy now rasanya adalah kalimat yang tepat untuk DFW JKT 2017, sebab pengunjung Plaza Indonesia dan tamu DFW JKT 2017 akan dapat membeli koleksi yang mereka sukai langsung setelah menyaksikan koleksi tersebut diperagakan di atas runway.
DFW membuat “Retail Pop-Up Store” di lantai 4 Plaza Indonesia, dan menggelar acara sales yang dijadwalkan setelah setiap runway show selesai.
Retail pop-up store ini akan dibuka selama dua bulan sejak DFW JKT 2017 dibuka.
DFW adalah satu-satunya fashion week dengan konsep pemasaran ‘online-to-offline’ yang ada di
kawasan Asia.
Hal tersebut merupakan salah satu misi DFW untuk membuat kegiatan fashion week masuk akal bagi para disainer.
“Misi kami di setiap gelaran DFW adalah menggelar acara yang lengkap yang terdiri dari panggung runway, fashion forum, sales event dan juga elemen seni dan kegiatan sosial," tambah Charina.
Selain itu, ajang DFW JKT 2017 juga membawa pakar-pakar industri fashion dunia pada kegiatan Fashion Forum, untuk berbagi kiat agar berhasil di tataran fashion dunia.
Pakar-pakar inspiratif ini adalah: Elena Bara, digital fashion editor VOGUE Italia; Christelle Noviaire-Domec, global creative consultant; Didier De Villiers, pendiri brand fashion Afrika Selatan Magent; Vinnpatararin, disainer inovatif dari Thailand; Valerio Mezzanotti, pendiri NowFashion.com, majalah fotografi fashion real-
time pertama yang mempublikasikan live fashion shows; Gianmarco Morazzoni, disainer asal Italia dan pemilik MORA 1962; serta Valerio Nappi, pakar pemasaran dan komunikasi.
Acara DFW JKT 2017 ini akan berlangsung selama 3 hari mulai dari 13-15 Desember mendatang. (*)
Penulis | : | Ridho Nugroho |
Editor | : | Ridho Nugroho |