Laporan wartawan Grid.ID, Ismayuni Kusumawardani
Grid.ID - Tradisi unik Jepang saat Natal membawa berkah tersendiri bagi perusahaan waralaba ayam goreng KFC.
KFC sangat populer di Jepang selama liburan Natal tahun ini.
Banyak orang memesan KFC untuk "christmas chicken" yang dibungkus dalam kotak spesial.
Tradisi makan KFC pada hari Natal ini dilaporkan dimulai pada tahun 1974.
Setelah kampanye pemasaran "Kentucky for Christmas" yang sukses.
Kampanye ini melibatkan iklan bertemakan Natal setiap tahun yang berlanjut sampai hari ini.
Dalam tradisi itu, warga memesan ayam dalam bungkus untuk dibawa pulang dalam pesta bersama keluarga atau kerabatnya.
Dikutip Grid.ID dari Next Shark, tradisi makan ayam ini membuat KFC meraup pendapatan 53 juta dolar AS atau setara Rp 674 miliar.
Tahun ini, perusahaan mengeluarkan semua kampanye promosinya, menghasilkan iklan TV dengan lagu bertema liburan yang menarik.
Lagunya ditulis oleh penyanyi / penulis lagu terkenal Mariya Takeuchi.
Iklan baru ini sukses besar karena penjualan KFC Jepang antara 23 dan 25 Desember meningkat menjadi sekitar 53 juta dolar AS menurut SoraNews24.
Angka tersebut dilaporkan merupakan pendapatan tertinggi KFC yang pernah tercatat pada musim Natal.
Angkan penjualan itu lebih tinggi 1,4 persen dibanding tahun lalu. (*)
Heboh, YouTuber Asal Thailand Ini Nyamar di Indonesia, Ternyata Nipu hingga Rp 931 M dan Pengin Jadi Idol Kpop, Begini Akhirnya