Laporan Wartawan Grid.ID, Septiyanti Dwi Cahyani
Grid.ID - Meninggalkan 2017, setiap orang pasti memiliki resolusi masing-masing untuk tahun 2018.
Kamupun pasti sudah memikirkan resolusi terbaik yang ingin kamu capai di tahun 2018 ini.
Di zaman millenial ini selain menikah, jenjang karir yang lebih baik juga merupakan salah satu resolusi terbesar di tahun 2018.
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dale Carnegie, lebih dari 30% karyawan di Indonesia berencana untuk pindah kerja.
(BACA: Lebih Dari 30% Karyawan Indonesia Berencana Pindah Kerja di Tahun 2018, Ternyata Begini Alasannya)
Salah satu alasan yang mendukung mereka adalah karena perilaku pemimpin atau atasan di tempat kerja.
Sebagian besar pemimpin perusahaan dianggap kurang memberikan apresiasi dan pujian terhadap pekerjaan karyawan.
Padahal adanya apresiasi terhadap suatu pekerjaan merupakan salah satu hal yang menentukan kepuasan karyawan atau job satisfaction mereka.
Hal ini juga mempengaruhi keinginan karyawan untuk bertahan di suatu perusahaan tersebut.
Menurut studi yang bertajuk "Global Leadership Study" ini hanya sekitar 36% atasan yang sering memberikan apresiasi terhadap pekerjaan karyawan.
(BACA: Tips Menjawab Pertanyaan "Kenapa Kami Harus Mempekerjakan Anda?" di Wawancara Kerja)
Joshua Siregar selaku Director, National Marketing Dale Carnegie Indonesia mengungkapkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cara kepemimpinan terhadap motovasi dan retensi kerja para karyawan.
Dalam studi yang digelar di 14 negara ini menyebutkan bahwa hanya ada 17% karyawan yang mengaku puas dengan pekerjaan mereka.
Kepuasan inipun dipengaruhi oleh perilaku atasan atau pemimpin perusahaan.
Kemudian, Dale Carnegie pun menjelaskan bahwa kepemimpinan yang efektif itu sangat berpengaruh terhadap kepuasan karyawan.
Untuk mewujudkannya, Dale Carnegie pun menyimpulkan atasan yang baik adalah mereka yang memiliki ciri-ciri di bawah ini.
(BACA: Penasaran Gaji di Perusahaan Hape Terlaris? Ini Gaji Di Samsung, Oppo, Advan Dan Vivo)
1. Sering memberikan apresiasi dan pujian yang tulus terhadap pekerjaan karyawan
Apresiasi dan pujian yang diberikan akan meningkatkan semangat dan motivasi dalam melakukan sesuatu.
Termasuk dalam pekerjaan, hal inipun akan berpengaruh terhadap semangat dan motivasi karyawan untuk meningkatkan etos kerja mereka.
2. Mau melihat sudut pandang orang lain
Artinya mereka tetap melibatkan karyawan untuk turut memberikan pendapat saat pengambilan suatu keputusan.
Karena seorang pemimpin yang baik adalah mereka yang mau melihat sesuatu tidak hanya dari satu sudut pandang saja.
3. Menjadi pendengar yang baik
Pemimpin yang baik bukanlah semata-mata memberi instruksi dan memerintah saja.
Namun, pemimpin yang baik adalah yang mau mendengarkan pendapat baik atau buruk dari orang lain termasuk karyawan.
(BACA: 5 Tips Produktif Melakukan Pekerjaan Dari Rumah)
4. Mau mengakui kesalahan
Sama seperti manusia lainnya, pemimpinpun pasti pernah melakukan kesalahan.
Namun, hanya pemimpin yang baik yang mau mengakui kesalahan dan berjanji untuk tidak melakukannya lagi.
5. Menghargai kontribusi karyawan
Seperti pelajaran dalam PPKN zaman SD, kita diajarkan untuk saling menghargai terhadap sesama.
Termasuk ketika sudah menjadi seorang pemimpinpun harus tetap menghargai setiap kontribusi yang diberikan oleh karyawan.
Penulis | : | Fahrisa Surya |
Editor | : | Fahrisa Surya |