Grid.ID - Ajang temu anak muda terbesar di Indonesia, UBS Youth-Con, kembali diselenggarakan tahun ini.
Mengusung slogan/tema “Aku Punya Ide”, DBL Indonesia selaku penyelenggara menantang anak muda beradu kreativitas dalam merealisasikan ide-ide keren mereka lewat beragam karya interaktif. Berlangsung pada 1-10 November 2019 di SCC Pakuwon Mall Surabaya, pesta anak muda ini resmi dibuka hari ini (1/11).
Salah satu kompetisi yang paling menyita perhatian adalah UBS Dig Idea. Setiap tim terdiri dari 10-15 orang yang berasal dari satu sekolah yang sama. Mereka didorong menjadi calon pendiri start-up dengan ide-ide yang harus out of the box. Namun tetap harus sejalan dengan 17 tujuan konsep SDGs (Sustainable Development Goals) yang telah disepakati oleh para pemimpin dunia.
Misalnya, tim dari SMAN 11 Surabaya yang mengusung SDGs Clean Energy dengan membuat aplikasi bernama Minjel. Aplikasi ini menjembatani user dengan pemasok untuk mendaur ulang limbah minyak jelantah menjadi pengharum ruangan. Selain itu, ada juga aplikasi bernama Ifler, yang berguna untuk melindungi penggunanya dari kekerasan saat berjalan sendirian.
Selain kompetisi UBS Dig Idea, bakal ada 236 karya dari 15 supporting event berbeda yang dibuat oleh ribuan pelajar sekolah se-Jawa Timur. Misalnya, kompetisi mendesain perhiasan, membuat karya seni instalasi, olah vokal, hingga stage performance. Setiap peserta diharapkan mampu mempresentasikan karyanya dengan baik, serta menunjukkan sisi interaktif dan keunikan karya tersebut.
Berbagai kompetisi yang diadakan tersebut tidak lepas dari dukungan PT Untung Bersama Sejahtera (UBS), selaku partner utama. UBS telah bersinergi dengan DBL Indonesia dari tahun ke tahun untuk membakar semangat positif anak muda, agar memunculkan apa saja yang ada dalam pikirannya. “UBS Youth-Con ini selalu menunjukkan pendekatan yang sesuai untuk anak muda. Kompetisi ini berhasil menampung ide-ide mereka yang semakin berkembang di era digital ini,” ungkap Erwin Suganda, Creative Director PT Untung Bersama Sejahtera.
Azrul Ananda, CEO dan Founder DBL Indonesia selaku penyelenggara, mengangkat campaign Aku Punya Ide karena melihat potensi anak muda masa kini yang tak terbendung. Selain itu harapannya, generasi penerus bangsa ini bisa menciptakan hal baru yang dapat bermanfaat untuk lingkungan sekitar. “Anak muda selalu menjadi daya tarik sendiri bagi DBL Indonesia dapat mengeksplorasi bakat mereka dan mengajak mereka untuk berkegiatan positif,” ungkapnya.
Tahun ini menjadi tahun istimewa untuk UBS Youth-Con, khususnya dengan partisipasi Singapore Tourism Board (STB) sebagai partner dalam kompetisi anak muda untuk pertama kali. STB akan mensponsori hadiah perjalanan ke Singapura guna menghadirkan pengalaman menarik bagi 17 pelajar dan 3 guru yang masuk kategori best school. Mereka akan berkesempatan melihat dan merasakan sisi lain Singapura dengan beragam pilihan dan keunggulan yang ditawarkan dari pendidikan luar kelas secara menyeluruh.
Penulis | : | |
Editor | : | Popi |