Grid.ID - Menyetir di atas jalan banyak tanjakan dan turunan tidak sama dengan berkendara di jalan lurus dan rata.
Ada beberapa teknik menyetir yang harus kamu tahu saat melewati jalan menanjak atau menurun.
Pengetahuan cara menyetir di tanjakan dan turunan ini penting agar kamu bisa berkendara dengan aman dan terhindar dari kecelakaan.
Baca Juga: Garansi Mobil Bisa Hangus Bila Mengisi BBM Menggunakan Pertalite atau Premium, Begini Penjelasannya!
Lalu bagaimana sebenarnya cara berkendara yang benar saat melewati jalan dengan kondisi turunan atau tanjakan?
Tak bisa dipungkiri, pada dasarnya kita pasti pernah mengemudi di area penuh tanjakan dan turunan.
Entah itu di daerah pegunungan dengan kontur jalan berliku, atau sesederhana di area parkir gedung dengan jalur berkelok atau menanjak curam.
Nah, medan seperti ini tentu sangat menantang.
Apalagi saat kita harus kembali melaju pasca berhenti di tengah tanjakan, mobil yang kita kendarai bisa meluncur mundur jika kita kurang mahir mengemudi.
Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kita jelas perlu memperhatikan kondisi mobil sebelum berkendara.
Selain itu, kita juga harus menguasai teknik yang tepat.
Tidak hanya untuk mobil bertransmisi manual tetapi juga matic.
Baca Juga: Tanda Expired Date dan Best Before pada Kemasan Makanan Ternyata Punya Arti yang Berbeda!
1. Hindari Setengah Kopling
“Memang cara ini bisa dilakukan, tetapi akan membuat kopling cepat panas, bahkan bisa sampai jebol,” kata Marcel Kurniawan, Training and Development Manager Real Driving Centre, Jakarta, sebagaimana dikutip dari laman GridOto.com.
Yup, teknik ini memang bisa membuat kondisi mobil jadi tidak aman.
Jadi, segera tinggalkan teknik ini.
Jikapun sudah nyaman, kita masih bisa menerapkan teknik ini saat ingin menjalankan mobil pasca berhenti bukan untuk berhenti.
Hal serupa juga berlaku untuk kita yang lebih sering membiarkan mobil tidak dalam posisi transmisi netral, dan kaki masih menginjak kopling serta rem saat menanjak.
Source | : | nova.grid.id |
Penulis | : | None |
Editor | : | Ulfa Lutfia Hidayati |