Grid.ID - Kerasnya kondisi jalanan di kota-kota besar dapat mempengaruhi kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa transportasi.
Karenanya, menjadi pelaku di bisnis jasa transportasi bukan hanya soal keahlian soal keamanan berkendara dan pengetahuan tentang berlalu lintas.
Di era yang terus berkembang ini, soft skill pun menjadi kemampuan yang harus dikuasai oleh para pengendara.
Sebagai salah satu upaya untuk terus meningkatkan kualitas para mitra driver untuk menjadi #PenjagaAmanah yang dapat diandalkan, Gojek telah resmi meluncurkan pelatihan untuk mitra driver lewat program Bengkel Belajar Mitra (BBM) sejak awal tahun 2019.
Program ini bisa diikuti oleh para mitra driver Gojek tanpa dipungut biaya.
Pembekalan ini dilakukan rutin setiap bulannya di 5 kota di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar.
Kelas-kelas BBM dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan mitra driver dalam memberikan pelayanan yang prima bagi pelanggan Gojek.
Tak hanya itu, beberapa kelas pun diisi dengan materi pengembangan diri yang menambah pengetahuan mereka.
Kurikulum BBM saat ini terbagi menjadi dua garis besar, yakni Pengembangan Kemampuan Diri dan Pengembangan Layanan Prima.
Pengembangan Kemampuan Diri mencakup tema terkait kewirausahaan dan manajemen keuangan, sementara Pengembangan Layanan Prima berisi pelatihan P3K, workshop otomotif, kelas bahasa Inggris, bahasa isyarat, pelatihan anti pelecehan seksual, dan sejumlah keahlian lainnya.
Gojek pun menggandeng sejumlah institusi yang memiliki kompetensi di bidang terkait dalam pelaksanaannya, seperti Palang Merah Indonesia (PMI), BASARNAS, Aksi Cepat Tanggap (ACT) hingga rumah sakit dan perwakilan BPJS setempat.
Sementara itu, salah satu pelatihan Pengembangan Kemampuan Diri yang telah diselenggarakan BBM adalah tentang manajemen keuangan.
Bekerja sama dengan Jouska Indonesia, dalam pelatihan ini para mitra driver diajak untuk menyadari kebutuhan, mengatur keuangan, hingga menimbulkan kesadaran akan perlunya memiliki asuransi jiwa.
Menurut VP Transport Marketing Gojek Monita Moerdani, acara ini telah mendapatkan sambutan positif sejak pertama kali dilaksanakan.
“Kami mengajak semua mitra untuk menggali ilmu baru dan mengundang pakar agar pengetahuan tersebut dapat diterima oleh mitra.
Di samping itu, kami ingin semua mitra mendapatkan ilmu baru yang mampu meningkatkan kesejahteraannya,” tutur Monita.
Ke depannya, program BBM akan terus merambah ke kota-kota besar lain di Indonesia.
Tak hanya itu, materi pelatihannya pun akan semakin beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan para mitra driver Gojek.
Pelajari lebih lanjut mengenai berbagai program pelatihan yang diselenggarakan Gojek untuk para #PenjagaAmanah di halaman ini.
(*)
Penulis | : | None |
Editor | : | Dianita Anggraeni |