Grid.ID - Transportasi merupakan bagian penting dalam dalam menjamin kelancaran aktivitas masyarakat. Padatnya lalu lintas kerap membuat waktu tempuh menuju satu titik ke titik lainnya tidak terduga. Karenanya, tidak heran jika jutaan orang kini mengandalkan jasa ojek online sebagai moda transportasi utama.
Sebagai SuperApp karya anak bangsa yang menyediakan layanan transportasi online, Gojek terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi penggunanya. Lebih dari sekadar mengantarkan penumpang dengan selamat sampai ke tujuan, menjadi #PenjagaAmanah yang dapat diandalkan merupakan semangat yang mengalir dalam jiwa setiap mitra driver Gojek.
Gojek memastikan agar setiap mitra driver memiliki kualitas dan visi yang sama untuk memberikan yang terbaik. Bukan sekadar wacana, langkah-langkah konkret pun dilakukan oleh Gojek demi memfasilitasi para mitra driver untuk mewujudkan hal tersebut.
Seleksi dan pelatihan awal
Proses perekrutan mitra driver Gojek dilakukan secara teliti dan melewati seleksi yang ketat. Setiap calon mitra driver harus memiliki dokumen yang lengkap sebagai persyaratan utama proses seleksi administrasi. Para calon mitra driver yang lolos verifikasi administrasi kemudian diwajibkan untuk mengikuti pelatihan awal. Pelatihan ini meliputi pengoperasian aplikasi navigasi, merawat kendaraan, hingga pembekalan tentang regulasi lalu lintas.
Pembekalan safety riding
Keamanan dan keselamatan penumpang serta pengendara pun menjadi prioritas. Oleh karena itu, Gojek juga membekali para mitra driver dengan pengetahuan safety riding dari para ahli. Menggandeng Rifat Drive Labs (RDL) milik mantan pereli nasional Rifat Sungkar, setiap bulannya ada sekitar 10 ribu mitra yang mengikuti pelatihan ini. Hingga saat ini, sebanyak lebih dari 350 ribu mitra driver dari 17 kota telah bergabung dengan program pelatihan RDL.
Pengembangan kualitas profesional dan personal
Gojek telah meluncurkan program Bengkel Belajar Mitra (BBM) bagi para mitra driver sebagai wadah untuk mengembangkan diri. Pelatihan ini diselenggarakan setiap bulan di lima kota, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan. Selain materi pelatihan terkait pelayanan prima seperti workshop otomotif, bahasa Inggris, dan P3K, BBM pun mengajak para driver untuk mengembangkan diri secara personal dengan pelatihan kewirausahaan dan manajemen keuangan.
Apresiasi untuk inisiatif dan kontribusi
Penulis | : | None |
Editor | : | Okki Margaretha |