Laporan Wartawan Grid.ID, Rissa Indrasty
Grid.ID - PT Coda Pangan Sejahtera (Codafood) berkolaborasi dengan platform digital milik artis Herjunot Ali, Berbagi Kultur, berencana membawa masakan Indonesia untuk bersaing di pasar dunia.
Salah satu brand makanan lokal yang akan didorong untuk membuka gerai di luar negeri, tepatnya Tokyo, Jepang, yaitu Soto Betawi Bang Rojak.
Herjunot Ali pun membeberkan syarat brand makanan lokal yang ingin ikut berpartisipasi melenggang di negara asing, yang pertama yaitu rasa.
Baca Juga: Herjunot Ali Akan Bawa Soto Betawi Bang Rojak Melenggang ke Tokyo dengan Brand Soto Betawi Miyamoto
"Makanan yang enak, membawa makanan Indonesia ke luar negeri itu tergantung tempatnya nggak bisa asal bawa ke Tokyo," ungkap founder Berbagi Kultur sekaligus Komisaris Codafood, Herjunot Ali, saat ditemui Grid.ID di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (18/12/2019).
"Misal nanti mau bawa Europe atau Middle East, kami harus adakan food testing lagi, apakah di lidah mereka cocok".
"Karena kesukaan masyarakat Indonesia tehadap sesuatu yang nyolok itu belum tentu orang luar suka juga, tapi kesempatan akan ada, makanya food testing biar kita nggak bisa dan hasilnya maksimal," lanjutnya.
Di samping itu, adanya bahan-bahan untuk mengolah masakan akan di survei lebih lanjut di negara tempat gerai makanan dibuka.
"Terus bahannya itu kami akan adakan market acceptance, apakah bahannya gampang untuk kita ambil di sana (di negara yang menjadi target pemasaran), atau kita harus impor setiap bulan," ungkap Herjunot Ali.
Lebih lanjut, pemilik brand makanan akan melakukan diskusi dengan tim Codafood mengenai masakannya yang akan diboyong ke luar negeri.
Baca Juga: Bosan dengan Perilaku Julid Netizen, Herjunot Ali Didik dengan Buku Karyanya
"Kayak mekanisme yang tadi ditanya itu sebenarnya dari pemilik bisnisnya sendiri itu bisa ngobrol sama kami untuk kisi-kisi dan harapannya sampai sejauh mana kalau bisa dibawa ke luar negeri, itu yang pertama," ungkap Herjunot Ali.
"Penjajakan kayak pembagian hasil dan bagaimana dengan local partner itu kita bisa omongin lagi. Tapi pastinya di sini kami mengambil kerja sama sama local partner," lanjutnya.
Brand makanan lokal yang tertarik untuk memasarkan masakannya di luar negeri melalui Codafood bisa langsung mendapatkan informasi layanan di situs www.codafood.com.
Baca Juga: Takabur Tak Percaya Makhluk Astral, Herjunot Ali Nyaris Kesurupan di Goa Siluman
Herjunot Ali berharap agar rencananya untuk membawa masakan Indonesia dapat bersaing di pasar dunia dapat membantu memajukan keuangan Indonesia.
Ditambahkan pula oleh CEO Codafood, Albert Christo, yang berharap agar hal ini bisa semakin memajukan nama Indonesia kedepannya.
"Semoga bisa mendorong ekosistem ekonomi," ungkap Herjunot Ali.
"Kita udah cukup jenuh untuk melihat ekspansi brand luar di Indonesia, saatnya menjajah balik melalui kuliner Indonesia, membuat Indonesia wangi lagi di mata dunia. Buat Indonesia maju melalui kuliner dan buat orang kangen dengan masakan Indonesia," lanjut Albert Christo.
(*)
Viral, Pernikahan Ini Sajikan Menu Mie Instan untuk Undangan yang Datang padahal Tajir, Tamu: Kami Juga Bawa Bekal Sendiri
Penulis | : | Rissa Indrasty |
Editor | : | Deshinta Nindya A |