Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.
Nextren.grid.id - Grand Launching besar-besaran Vivo V9 kemarin masih menjadi pembicaraan hangat di masyarakat.
Banyak yang mempertanyakan efektifitas Vivo membeli hak siar 12 TV swasta sekaligus di jam prime time, jam dengan tarif iklan paling mahal.
Akun @Strategi_Bisnis mencoba melakukan kalkulasi dan analisa, apakah launching besar-besaran tersebut masuk akal, worth it dan bisa kembali modal?
Menurutnya, Grand Launching Vivo V9 ini terbilang gokil.
Jika dihitung secara kasar, biaya blocking TV untuk prime time rata-rata mencapai Rp 2 Miliar per jam.
Nah, kalau ada 12 stasiun TV, berarti sudah menghabiskan Rp 24 Miliar.
Belum lagi iklan live streaming di 10 portal online, yang sebagian besar juga bertarif kelas atas.
Ditambah biaya artis dan pendukungnya, bisa bisa habis Rp 30 Miliar yang habis hanya dalam semalam grand launching.
Diperkirakan, honor manggung Agnes Mo di acara Vivo V9 ini sekitar Rp 150 juta, sedangkan Via Vallen mungkin Rp 200 juta.
Apakah hal itu worth it dilakukan?
Perhitungan apakah masuk akal strategi launching Vivo V9, ada di halaman berikutnya >>>
5 Arti Mimpi Gelang Patah Pertanda Buruk, Jangan Disepelekan, Simak Penjelasannya