Grid.ID - Interview kerja adalah tahap rekruitmen pekerjaan yang penting.
Saat akan menghadapi interview, ada baiknya kamu mempersiapkan banyak hal termasuk pakaian.
Hanya perlu satu tatapan bagi manajer HRD untuk bisa mengetahui karakter seseorang hanya dari pakaian yang mereka kenakan.
Jika kamu berkali-kali mencoba melamar pekerjaan dan gagal, bisa jadi itu karena cara berpakaian Anda salah.
Dilansir dari Brightside, ada beberapa pedoman berpakaian yang harus kamu tepati saat berhadapan dengan HRD.
(BACA : Hai Introvert, 14 Pekerjaan Ini Sangat Cocok Buat Kamu loh, Buruan Cek yuk!)
1. Warna pakaian
Pemilihan warna menjadi hal yang penting karena bisa menunjukkan karakter si pemakai pakaian itu.
- pakaian dengan warna-warna terang dan cenderung kontras akan menampilkan karakter kuat dan dominan.
- pakaian dengan warna lembut dan pastel akan membuat kamu terlihat bisa dipercaya.
- warna biru adalah warna paling netral untuk dikenakan saat wawancara kerja karena menunjukkan tanggung jawab, kompetensi, dan kepercayaan diri.
- warna merah biasanya dikenakan oleh orang-orang percaya diri dan bersifat pemimpin, namun pilihlah warna merah yang gelap.
- warna oranye tidak disarankan dipakai, karena cenderung membuat kamu terlihat tidak profesional.
(BACA : Inilah 'Pelaku' Utama Dibalik Awal Mula Terciptanya Pekerjaan Rumah Alias PR Bagi Siswa Sekolah)
Kuncinya adalah jangan berlebihan dalam memadu-padankan warna pakaian.
2. Gaya berpakaian
Memakai pakaian setelan bisnis tidak selalu baik karena bisa membuatmu terlihat berlebihan.
Wanita yang bergaya terlalu feminim juga cenderung kurang disukai karena HRD akan menilai mereka tidak punya sifat kepemimpinan.
3. Merk pakaian
Jangan kamu kira memakai pakaian atau tas dengan merk terkenal yang mahal akan serta merta dilirik manajer HR.
Terkadang, kandidat yang memakai pakaian merk mahal cenderung tidak disukai karena terlihat terlalu ingin tampil.
Pakailah merk yang sewajarnya, yang bagus namun tidak terlalu mahal.
(BACA : 4 Tips Bikin Bos Terkesan di Hari Pertama Kerja, Karyawan Baru Sudah Tahu?)
4. Perhatikan detail
Detail di sini adalah aksesoris, make up, dan parfum.
Tidak perlu mengenakan make up yang terlalu tebal dan berlebihan karena akan menunjukkan bahwa kamu akan perlu waktu lama untuk merias diri.
Tidak perlu memakai perhiasan mencolok atau parfum yang terlalu menyengat.
Namun pastikan juga kamu beraroma segar dan tidak apek.
5. Pastikan pakaianmu cocok untuk posisi yang kamu lamar
(BACA : Menyetir Lebih Dari 2 Jam Akibatkan Kerja Otak Menurun, Ini Kata Peneliti)
Saat melamar untuk menjadi sekretaris, sesuaikan pakaianmu dengan memakai blazer dan menggulung rambut dengan rapi.
Saat melamar posisi jurnalis atau pekerja kreatif, tentu kamu sangat tidak disarankan memakai blazer.
Sebaliknya, gunakan pakaian casual seperti kemeja dengan sepatu kets dan dipadukan dengan celana kain atau jeans.
Mempelajari karakter dan budaya perusahaan lebih dulu akan sangat membantu kamu menyesuaikan penampilan.
Itu tadi tips dalam berbusana saat wawancara kerja, semoga bisa diterapkan dengan baik, ya!
(Artikel ini pernah tayang di Intisari dengan judul : "Perhatikan Pakaian yang Anda Kenakan Saat Wawancara Kerja: Ini Lho Cara HRD Menilai Anda dari Penampilan!")
Viral Rumah Dijual Rp 27 Juta di Yogyakarta, Kondisinya Horor dan Bikin Merinding, Akan Dibeli Joko Anwar?
Penulis | : | Linda Fitria |
Editor | : | Linda Fitria |