Grid.id - Saat ini, aktifitas digital dan belanja online sudah sangat erat dengan masyaakat.
Hampir semua produk kini bisa dibeli secara online, bahkan termasuk bahan yang basah seperti sayur mayur atau barang besar seperti furniture.
Barang tersebut umumnya dibeli dari berbagai e-commerce yang tumbuh subur, seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya.
Namun masalah mendasar adalah pada sistem pengiriman produk yang dibeli secara online, karena luasnya wilayah Indonesia dengan wilayah yang terpisah-pisah laut.
Belum lagi infrastruktur jalan yang belum merata, membuat biaya logistik di Indonesia dan perkembangan e-commerce menghadapi tantangan.
Hal yang menjadi perhatian penting bagi pemerintah adalah bagaimana bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia menjadi lebih baik untuk dapat bersaing dengan negara–negara Asia lainnya.
Saat ini Indonesia merupakan salah satu pasar yang memliki pertumbuhan ekonomi digital yang cukup tinggi.
Terdapat lebih dari 1.2 juta jumlah transaksi online yang terjadi setiap harinya.
Tentu ini belum merupakan angka yang cukup tinggi.