Grid.ID - Anak millenials pasti sudah tak asing lagi dengan istilah YOLO dan FOMO, singkatan dari You Only Live Once dan Fear of Missing Out.
Dua kata ini memang sering banget didenger remaja. Well, bukan cuma melintas di kuping, sadar atau nggak, banyak remaja yang 'prinsip hidupnya' diwakilkan oleh dua kata tersebut.
Yap. Kapan terakhir kali lo nggak mikir dua kali buat beli sneakers diskon?
Pernah nggak liburan karena dipengaruhi sama selebgram? Atau beli suatu barang karena emang lagi hype aja, padahal nggak butuh-butuh amat.
Berdasarkan survei yang disebar HAI dan CewekBanget, 507 responden ngaku YOLO dan FOMO memang sering jadi landasan mereka ngeluarin duit.
Fyi, sebanyak 83% dari mereka mengalokasikan uang untuk kebutuhan pribadi, 57% untuk kulineran, 48% untuk belanja online, dan 46% untuk belanja offline seperti di mal.
Kalo diperhatiin, pemenuhan kebutuhan dan kepuasan pribadi jadi dua alasan utama remaja menghabiskan uang untuk hal di atas.
Apa sih YOLO dan FOMO?
Kalo menurut kamus daring Oxford, YOLO merupakan kependekan dari You Only Live Once. Seperti kepanjangannya, penganut prinsip ini cuma mikir kalo hidup hanya sekali.
Jadi kalo ada kesempatan, kenapa nggak diambil? Yang lain, bisa belakangan.
Contohnya kayak tiba-tiba membeli tiket pesawat untuk travelling tanpa mempertimbangkan kondisi lainnya. Pokoknya, tiket pesawat lagi diskon dan destinasinya adalah impian lo. Sekalian teriak YOLO, lengkap deh prinsip ini.
Tegas, BPOM Tarik Produk Suntik DNA Salmon Dokter Richard Lee yang Tak Sesuai Izin Edar
Source | : | Hai Online |
Penulis | : | None |
Editor | : | Nindya Galuh Aprillia |