Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana
Grid.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menghadirkan tayangan-tayangan edukatif melalui program "Belajar dari Rumah" lewat TVRI mulai Senin (13/4/2020) pagi.
Orangtua dan anak-anak dari segala jenjang pendidikan bisa menikmati acara sambil belajar di rumah.
"Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat Covid-19," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pada telekonferensi "Peluncuran Program Belajar dari Rumah" di Jakarta, Kamis (9/4/2020).
Nadiem menjelaskan, konten pembelajaran dalam program Belajar dari Rumah akan fokus pada literasi, numerasi, dan penumbuhan budi pekerti atau pendidikan karakter.
Pada sesi Belajar dari Rumah TVRI untuk SMA/SMK sederajat edisi Selasa 28 April 2020 diberikan dua pertanyaan atau soal.
Pertanyaan yang diberikan kepada siswa berupa materi Matematika: Eksponen dan Bentuk Akar.
Materi ini akan ditayangkan pukul 10.00 sampai 10.30 WIB.
Pertanyaan nomor 1:
Pertanyaan nomor 2:
Seorang peneliti bidang mikrobiologi di sebuah lembaga penelitian sedang mengamati perkembangan 50 bakteri di sebuah laboratorium.
Pada kultur bakteri tersebut, satu bakteri membelah menjadi 2 bakteri setiap jam.
Akan ada berapa banyak bakteri dalam waktu 8 jam?
Di bawah ini tersedia dengan lengkap jawaban dari pertanyaan di atas.
Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, simak panduan untuk orangtua dan siswa.
Panduan untuk orangtua
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:
1. Jika memungkikan, perhatikan apakah anak menyimak tayangan dengan baik.
2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan.
3. Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak.
4. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesaian, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku.
5. Jika memungkikan, berdiskusilah dengan guru apabila anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.
6. Berikan penghargaan untuk upaya yang telah dilakukan anak untuk menyelesaikan tugas.
Panduan untuk siswa
Berikut hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi dari melihat tayangan:
1. Siapkan alat tulis sebelum tayangan. Simaklah tayangan dengan baik untuk memahami materi yang disampaikan.
2. Berusahalah untuk mengerjakan tugas yang disampaikan.
3. Pergunakan sumber lain untuk membantu mengerjakan tugas.
4. Catatlah hal-hal yang belum dapat kamu pahami dengan baik sebagai bahan diskusi dengan orang tua dan/atau dengan guru serta temanmu dengan menggunakan gawai.
5. Mintalah bimbingan dari orang tua atau saudaramu jika memungkinkan.
Berikut jawaban dari pertanyaan SMA/SMK untuk hari Selasa 28 April 2020.
Jawaban untuk nomor 1 :
1. Untuk soal nomor 1 kemungkinan salah ketik, seharusnya (625) pangkat 1/4 bukan pangkat 4. Jadi hasil dari penjumlahan tersebut adalah 12.
Di bawah ini rumusnya:
2. Jawabannya adalah 1024a
Di bawah ini rumusnya:
Jawaban untuk nomor 2:
Seorang peneliti bidang mikrobiologi di sebuah lembaga penelitian sedang mengamati perkembangan 50 bakteri di sebuah laboratorium.
Pada kultur bakteri tersebut, satu bakteri membelah menjadi 2 bakteri setiap jam.
Akan ada berapa banyak bakteri dalam waktu 8 jam?
Diketahui: Ada 50 bakteri dan satu bakteri membelah menjadi 2 bakteri setiap 1 jam.
Ditanyakan: Ada berapa banyak bakteri dalam waktu 8 jam?
Jawab: 50 bakteri x 28 = 12.800 bakteri Jadi jumlah bakteri dalam waktu 8 jam adalah 12.800 bakteri.
(*)
Profil Carmen, Idol Kpop Asal Indonesia yang Bakal Debut di SM Entertainment, Tergabung dalam Member Hearts2hearts
Penulis | : | Devi Agustiana |
Editor | : | Nurul Nareswari |