Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana
Grid.ID – Virus Corona saat ini telah menyebar ke 216 negara dan wilayah di seluruh dunia, semenjak pertama kali kasusnya terdeteksi di China pada pertengahan Desember 2019 lalu.
Data per 9 Mei 2020, jumlah positif Indonesia mencapai 33.076, sembuh 11.414, dan meninggal dunia 1.923.
Presiden Joko Widodo telah meminta segenap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona dan penyakit Covid-19.
Baca Juga: Pocari Sweat Bagi-bagi Paket Sahur Melalui #RamadhanMenjaga hingga Donasi di Tengah Pandemi Corona
Salah satu caranya, menurut Jokowi, adalah dengan memulai mengurangi aktivitas di luar rumah.
"Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah," ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, Minggu (15/3/2020).
Menurut Jokowi, langkah ini perlu dilakukan agar penanganan Covid-19 bisa dilakukan dengan lebih maksimal.
Berangkat dari berbagai kondisi dan situasi tersebut, maka kebutuhan asuransi di saat ini sangatlah penting.
Kini banyak perusahaan asuransi yang mulai mengembangkan produk untuk merespons pandemi virus corona.
Salah satunya adalah PT Asuransi Allianz Life Indonesia yang meluncurkan eAZy Cover, sebagai upaya memberikan proteksi asuransi dari rumah saja.
Baca Juga: 4 Cara Cegah Impulsive Buying, Kebiasaan Boros saat Pandemi Corona yang Akan Menguras Tabunganmu
Sebelumnya, Allianz Life Indionesia melakukan proses tatap muka langsung dengan nasabah ketika membicarakan produk.
Namun, saat pandemi Covid-19 ini, semua proses dilakukan secara virtual, misalnya dengan video call.
"Kedepannya, kami percaya proses ini akan membantu kami dan nasabah terhadap meningkatnya minat masyarakat untuk proteksi asuransi dari rumah," jelas dr. Ginawati Djuandi, selaku Chief Agency Officer Allianz Life Indonesia dalam acara peluncuran eAZy Cover untuk Memberikan Proteksi Asuransi dari Rumah Saja yang diikuti Grid.ID secara virtual, Rabu (10/6/2020).
Dari data Allianz Life Indonesia, kesadaran masyarakat terhadap proteksi meningkat selama Pandemi Covid-19.
"Tercatat 9 dari 10 nasaban asuransi mencari tahu apakah polis asuransnya memberikan perlindungan terhadap Covid-19," jelas dr.Gina.
Di masa pandemi Covid-19 ini juga, Allianz Life Indonesia memiliki strategi relevan untuk menjaga loyalitas nasabah.
Baca Juga: Merry Riana Bicara Tentang Corona: Kita Ibaratkan Seperti Proses Ulat Jadi Kupu-Kupu
Dijelaskan oleh Karin Zulkarnaen selaku Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia bahwa menjaga komunikasi adalah hal utama, karena nasabah banyak membutuhkan informasi secara virtual saat ini.
"Jaga komunikasi, karena mayoritas nasabah mencari informasi," jelas Karin.
Allianz Life Indonesia memberikan tambahan benefit yang merupakan salah satu strategi saat pandemi Covid-19.
Baca Juga: Konflik dengan Krisdayanti, Aurel Hermansyah Bersyukur Menjadi Wanita Kuat: Terima Kasih Tuhan!
"Nasabah akan mengetaui berbagai benefit di masa Covid-19 ini melalui informasi yang disampaikan. Kami banyak melakukannya acara secara virtual."
"Kami juga memberikan layanan konsultasi dokter gratis. Tapi karena saat ini khawatir jika bertemu langsung, maka dilakukan juga secara virtual juga," tandas Karin.
Setelah masa pandemi Covid-19 berakhir, Allian Life Indonesia pun telah mengantisipasi dan menyiapkan berbagai hal.
Baca Juga: Sang Anak Wisuda Virtual di Rumah Aja, Tora Sudiro Ajak Iguana Kesayangannya untuk Foto Keluarga
Strategi digital atau koneksi secara virtual pun bukan hal yang baru bagi Allianz Life Indonesia.
"Sebenarnya strategi digital bukan hal yang baru bagi kami, bukan hanya dalam proses penjualan tapi juga dari proses internal, hal ini merupakan strategi jangka panjang kita," kata Bianto Surodjo, selaku Chief of Partnership Disribution Officer Allianz Life Indonesia, Rabu (10/6/2020).
Peluncuran eAZy Cover menjawab tantangan yang ditemukan saat ini.
Ketika nasabah memerlukan kebutuhan asuransi yang tinggi, akan tetapi tidak bisa bertemu secara langsung.
Pihak Allianz Life Indonesia berharap, nasabah bisa mendapatkan kebutuhannya dan kami bisa menyediakan pelayanan.
eAZy Cover bisa menjadi solusi kepada para nasabah yang ingin transaksi untuk asuransi, tetapi bisa dilakukan dari rumah saja.
Baca Juga: Turuti Pesan Almarhum Ayah, Nikita Willy Putus dari Anak Bos Burung Biru
"Interaksi penjualan dari rumah saja. Simple, mudah, aman, cepat," tutup dr. Gina.
(*)
Penulis | : | Devi Agustiana |
Editor | : | Nesiana Yuko Argina |