Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana
Grid.ID – Pandemi virus corona (Covid-19) memukul banyak sektor, tak terkecuali Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Meski demikian, pandemi juga bisa jadi peluang bagi pelaku UMKM untuk tetap mendapatkan penghasilan atau meraup untung dalam menjalankan usahanya.
Hal ini terkait dengan terjadinya perubahan besar dari pola belanja masyarakat selama pandemi.
Saat ini, perilaku belanja masyarakat kian mengarah ke online.
Berangkat dari hal tersebut, Grab Indonesia meluncurkan Grab Merchant App sebagai upaya mendukung UMKM “go digital”.
“Banyak UMKM yang semakin go digital, ini sebagai upaya grab untuk bisa membantu UMKM tersebut dan memberikan dampak positif,” jelas Neneng Goenadi selaku Managing Director Grab Indonesia dalam acara Peluncuran Grab Merchant App yang diikuti Grid.ID secara virtual, Kamis (11/6/2020).
Baca Juga: Rayakan Kebersamaan dan Kehangatan Ramadhan Bersama Grab dengan Kampanye #SiapAntarRamadanmu
Grab Merchant merupakan solusi satu pintu, mandiri, dan terintegrasi sebagai platform digital untuk para pelaku usaha mengelola dan membangun bisnis online.
Grab berkomitmen untuk meningkatkan inklusi dan literasi digital Indonesia, memberdayakan wirausaha mikro dan bisnis skala kecil, serta membangun angkatan kerja yang siap menyambut masa depan.
Data yang dimiiki Grab Indonesia, tercatat 87 persen UMK belum terdigitalisasi.
Hal ini mendorong Grab Indonesia untuk terus melakukan inovasi, terlebih di era pandemi Covid-19 ini.
Sebagai langkah mendukung program Pemerintah untuk Bangga Produk Indonesia, Grab Merchant memiliki berbagai fitur yang memudahkan para mitra UMKM mengelola bisnisnya.
Terdapat 9 fitur Grab Merchant App yang akan mendukung UMKM menjalankan bisnis.
1. Pengaturan jam operasional: Merchant bisa mengatur waktu-waktu tertentu ketika operasional atau tidak.
2. Managemen pesanan: Pesanan akan terorganisir secara teratur.
3. Pengaturan profil karyawan: Keamanan ekstra untuk pemilik usaha, artinya untuk akses yang diberikan kepada kasir, manajer, dan karyawan lainnya.
4. Menu editor: Untuk menambahkan menu baru atau harga baru.
Baca Juga: Kabar Gembira, Program Inkubasi Startup dari Grab Kembali Dibuka
5. Promo: Digunakan untuk membuat promosi, misalnya untuk menu baru.
6. Iklan: Cara mudah tingkatkan penjualan. Mitra akan punya akses setelah ini melakukan promosi, contohnya iklan pada halaman grab food. Kemudian, digunakan juga melalui banner dan iklan ketika pengguna melakukan pencarian.
7. Keuangan: Merupakan akses untuk sisi finansial sebagai bentuk mendukung komitmen merchant.
8. Laporan bisnis didukung web portal: Mitra bisa melihat laporan secara mudah.
9. Pusat bantuan: Merupakan akses mitra untuk komunikasi dengan customer service grab secara langsung.
Grab Merchant App memiliki berbagai fitur yang membantu para UMKM mengelola bisnisnya dengan mudah.
“Grab Merchant App akan ada berbagai fitur yang membantu para UMKM mengelola bisnis dengan mudah. Misalnya pendaftaran pun dilakukan secara digital, kemudian verifikasi dan aktivasi tidak lama, kurang lebih 24 jam saja,” jelas Hadi Surya Koe, Marketing GrabFood Indonesia, Kamis (11/6/2020).
Dengan menggunakan Grab Merchant App, para UMKM akan langsung bisa mengoptimalkan usahanya.
(*)
Viral, Pernikahan Ini Sajikan Menu Mie Instan untuk Undangan yang Datang padahal Tajir, Tamu: Kami Juga Bawa Bekal Sendiri
Penulis | : | Devi Agustiana |
Editor | : | Deshinta Nindya A |