Grid.ID - Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa mengatakan, pandemi virus corona atau Covid-19 berdampak serius bagi kesehatan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan.
Namun ada perubahan pelayanan publik yang lebih baik akibat wabah ini.
Secara bertahap, Covid-19 menuntut aparatur sipil negara (ASN) untuk memberi layanan masyarakat secara digital, menciptakan inovasi, dan lain sebagainya.
Hal itu disampaikan Diah Natalisa saat menjadi narasumber pada webinar bertema Berdamai dengan Covid-19 (?): Agenda Kebijakan Pelayanan Publik di Era New Normal, Selasa (16/6/2020).
“Pandemi memaksa ASN untuk melakukan perubahan perilaku dan budaya,” ungkap Diah, melansir dari Tribunnews.
Perubahan berikutnya yang dijelaskan Diah, yakni pelayanan tatap muka bertransformasi menjadi layanan online atau daring.
Pandemi memaksa penyelenggara pelayanan untuk mengubah mindset bahwa digitalisasi layanan merupakan solusi dalam akselerasi dan penyederhanaan pelayanan.
Terlepas dari berbagai kemudahan akibat digitalisasi layanan, pemerintah perlu waspada terhadap keamanan siber.
Bersambung ke halaman selanjutnya
Profil Ririn Dwi Ariyanti, Artis yang Diisukan Lamaran dengan Jonathan Frizzy, Status Hubungannya Terkuak!